Jangan Kendor !



Rabu, 22 Nopember 2017

Roma 12:11 (TB) Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Teknologi motor matik saat ini banyak disukai masyarakat. Pengoperasian yang praktis dan sederhana mendorong para pengguna beralih dari motor manual kepada motor matik. Salah satu sparepart penting motor matic adalah van belt atau streng. Fungsinya adalah menghubungkan mesin dengan as roda. Van belt terbuat dari karet berserat dan bagian dalamnya bergigi. Sebenarnya fungsi dasarnya sama dengan rantai, hanya van belt tidak terlihat dari luar. Bila motor matic terasa tidak nyaman dikendarai, berbunyi cit cit, tidak bisa untuk ngebut, boros BBM, itu tandanya van belt sudah kendor dan sudah waktunya diganti. Bila dibuka akan didapati van belt sudah mulai pecah-pecah. Ya ... van belt yang kendor mendatangkan banyak kerugian.

Dalam kehidupan van belt bisa dianalogikan sebagai kerajinan. Bila kerajinan kendor bisa mengakibatkan banyak kerugian. Misalnya kendor dalam bekerja akibatnya pendapatan berkurang, menghambat karir, merugikan perusahaan atau orang lain. Demikian pula secara rohani, bila kerajinan kendor, kendor dalam ibadah, berdoa, membaca firman Tuhan atau melayani akan mendatangkan banyak kerugian. Tidak hidup dalam ketenangan dan damai sejahtera serta merasa hidup hanya monoton.

Bagaimana memelihara kerajinan dalam kehidupan rohani?

1. Bersumber dari Roh Allah
Kita tahu keadaan manusia penuh dengan kelemahan, tidak stabil, mudah menyerah. Bila kita selalu mengalami persekutuan dengan Tuhan akan menyegarkan jiwa dan memberikan semangat yang baru ketika beribadah dan melayani Tuhan. Hal ini mendorong doa, ibadah dan pelayanan akan menjadi gerakan Roh Allah dan bukan rutinitas.

2. Rajin membaharui kehidupan rohani
Seperti halnya sebuah motor membutuhkan service berkala, demikian juga kehidupan rohani kita harus selalu diperiksa. Melalui firman Tuhan yang kita baca setiap hari dapat menjaga kesehatan rohani kita. Lakukan puasa secara berkala, ikutilah persekutuan dan ibadah atau membaca buku rohani yang bermanfaat bagi pertumbuhan rohani.

Saudara ... jangan hanya beraktifitas dan melayani tanpa memeriksa keadaan rohani Anda. Periksalah apakah kerajinan Anda mulai kendor. Bila ya Anda perlu ke "bengkel rohani", datanglah kepada Tuhan dan dapatkan damai sejahtera dan kesegaran rohani yang akan membuat Anda dapat menikmati berkat-berkat Tuhan. Amin. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages