Tunduk Kepada Pemerintah




Kamis, 12 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Titus 1-3

Titus 3:1 (TB)  Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.

Pada era keterbukaan saat ini, semakin mudah orang menyampaikan pendapat. Tidak jarang kritik yang disampaikan kepada pemerintah bukan kritik yang membangun tetapi karena ketidaksukaan yang kronis sehingga apa saja yang dilakukan oleh pemerintah selalu dianggap salah. Hal ini merupakan bibit yang kecil yang sesungguhnya tidak tunduk atau melawan pemerintah.

Paulus mengingatkan kepada Titus agar senantiasa mengingatkan jemaat agar tunduk kepada pemerintah.
Titus 3:1 (BIMK)  Ingatkanlah anggota jemaat-jemaatmu supaya mereka tunduk kepada pemimpin-pemimpin dan penguasa negara, serta taat dan bersedia melakukan setiap hal yang baik.

Mengapa kita harus tunduk kepada pemerintah?

1. Pemerintah ditetapkan oleh Allah.
Roma 13:1 (TB)  Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

2. Pemerintah adalah hamba Allah.
Roma 13:4 (TB)  Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

Dengan demikian dasar untuk tunduk kepada pemerintah bukan takut kepada hukuman, melainkan hormat kepada Allah yang telah menetapkan pemerintah dan menjadikan pemerintah sebagai alat Tuhan untuk kebaikan.


Jika Anda mau mengkritik pemerintah, berikanlah masukan yang konstruktif. Jangan menggunakan media sosial untuk membangun opini untuk mendiskreditkan pemerintah. Taatilah setiap peraturan dan doakanlah pemerintah, sebab hanya Tuhan yang dapat melindungi, memberi hikmat dan kebijaksanaan kepada pemerintah. Jadilah sebagai orang percaya yang tunduk dan taat kepada pemerintah.  Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages