Sahabat Yang Selalu Diingat




Jumat, 13 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Filemon

Filemon 1:4-5 (TB)  Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku,
karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.

Pada umumnya kita lebih mudah menemukan keburukan pada orang-orang yang terdekat dengan kita. Tetapi jika kita menemukan kebaikan pada mereka akan membuat hubungan dan persahabatan semakin kuat.
Paulus mengucap syukur kepada Allah setiap kali mengingat Filemon dalam doanya. Mengapa demikian?

1. Filemon adalah teman sekerja.

Filemon 1:1 (TB)  Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja kami.

Paulus menyebut Filemon sebagai teman sekerja dalam suratnya. Sebagai teman sekerja Filemon mengenal kehidupan Paulus secara pribadi bahkan mengenal setiap pergumulan dan masalah yang dihadapi Paulus dalam memberitakan Injil. Paulus tahu benar kesulitan pelayanan di lapangan, itulah sebabnya saat ia dalam penjara selalu berdoa untuk Filemon yang sedang melayani.

2. Paulus mendengar pertumbuhan rohani Filemon.

Dapat dikatakan pula bahwa Filemon bersama dengan Timotius dan Onesimus yang ditulis dalam surat Filemon adalah anak-anak rohani Paulus. Sukacita terbesar seorang guru (mentor) adalah melihat anak-anak rohaninya berhasil dalam iman. Paulus mendengar dari Timotius dan Onesimus tentang kerohanian Filemon (Filemon 1:5):
a. Kasihnya kepada orang kudus
b. Imannya kepada Tuhan Yesus
Pertumbuhan rohani seseorang dapat dilihat dari pertumbuhan kasih dan iman.
Anda saat ini sedang menjalani pemuridan rohani. Pastikan pembimbing rohani Anda bersyukur karena mengingat kasih dan iman Anda. Jangan sampai mereka sedih mendengar kejatuhan dan ketidaktaatan Anda.


Dalam kehidupan bergereja, selalu ada rekan sekerja dan anak-anak rohani yang menjadi sahabat kita. Marilah kita senantiasa berbuah apa yang baik sehingga orang yang mendengarnya dan mengingatnya selalu bersyukur atas setiap pekerjaan Tuhan dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages