Jangan Jemu-Jemu Berbuat Baik




Minggu, 8 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tes 1-3

2 Tesalonika 3:13 (TB)  Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.

Jujur seringkali kita merasa jemu berbuat baik, terutama jika kebaikan kita dibalas dengan kejahatan.
Mengapa kita tidak boleh jemu berbuat baik? Dan bagaimana caranya agar kita tidak jemu-jemu berbuat baik?

1. Menuai pada waktunya.
Setiap benih yang ditabur memiliki waktu penuaian yang berbeda-beda. Ada yang cepat, ada pula yang lama. Ketika waktu penuaian itu lama, seringkali perasaan jemu itu muncul.
Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

2. Lakukan kebaikan dengan tulus.
Kebaikan yang dilakukan dengan tulus artinya tanpa mengharapkan imbalan atau balasan. Kita tidak akan marah atau jemu seandainya perbuatan baik kita tidak dibalas dengan kebaikan, bahkan dibalas dengan kejahatan.
Lukas 6:35 (TB)  Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi kalahkan kejahatan dengan kebaikan. Jika ada orang yang membalas kebaikan Anda dengan kejahatan, serahkanlah kepada Tuhan, Ia yang akan melakukan pembalasan.
Amsal 17:13 (TB)  Siapa membalas kebaikan dengan kejahatan, kejahatan tidak akan menghindar dari rumahnya.
Roma 12:19-21 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.
Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.
Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Kebaikan sesungguhnya mencari ciri khas atau karakter orang percaya. Di mana pun dan kapan pun, orang percaya harus menaburkan kebaikan kepada semua orang baik kepada kawan maupun lawan. Selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages