Mengajarkan Alkitab Sejak Usia Dini




Rabu, 11 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tim 1-4

2 Timotius 3:15 (TB)  Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Timotius dapat disebut sebagai anak rohani dari Paulus. Para peneliti Alkitab mendapati bahwa Timotius telah dipercaya oleh Paulus untuk menggembalakan jemaat dalam usia yang masih belia yaitu belasan tahun. Timotius mengenal kebenaran dan menerima panggilan pelayanan bukan semata-mata oleh pelayanan rasul Paulus melainkan melalui keluarganya.

1. Timotius dididik dalam keluarga yang takut akan Tuhan.

Timotius dibesarkan dalam lingkungan orang-orang yang mengasihi Tuhan.
Paulus menyebut ada Lois (nenek dari Timotius) dan Eunike (ibu dari Timotius). Mereka memiliki iman yang tulus ikhlas dan mewariskan imannya kepada Timotius.
2 Timotius 1:5 (TB)  Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

Saudaraku, apakah yang bisa kita wariskan untuk keturunan kita? Tidak semua orang dapat mewariskan harta, tetapi kita dapat mewariskan iman kepada anak cucu kita. Iman itulah yang akan memimpin anak cucu kita senantiasa hidup takut akan Tuhan dan mencapai tujuan yang Tuhan tetapkan.

2. Timotius dididik mengenal Kitab Suci sejak usia dini.

2 Timotius 3:15 (TB)  Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Anak kami mulai belajar membaca Alkitab sejak usia play grup. Kemampuan kami terbatas untuk menyediakan buku bacaan anak-anak. Tetapi yang kami lakukan adalah dengan tekun mengajarkan membaca Alkitab. Jadi buku pertama yang dibaca anak kami adalah Alkitab. Tuhan memberi hikmat dan pengetahuan kepada anak kami. Puji Tuhan, setelah semakin besar kami tidak kesulitan untuk membimbing dia belajar. Ada kesadaran sendiri untuk membaca Alkitab dan mengerjakan PR atau belajar tanpa disuruh atau didampingi orang tua.

Amsal 22:6 (TB)  Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.
Mazmur 119:9 (TB)  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Bapak, ibu dan saudara sekalian ... jadilah teladan iman bagi anak-anak dan didiklah mereka sedini mungkin untuk mengenal dan membaca Alkitab. Jadikanlah Alkitab sebagai buku yang pertama kali mereka baca, jangan izinkan media sosial atau games yang mendidik mereka. Tahukah Anda mengapa orang Yahudi sangat pintar dan banyak yang menjadi ilmuwan? Sebab sesuai perintah Tuhan mereka mengajarkan Taurat Tuhan kepada anak-anak sejak usia dini.
Amsal 9:10 (TB)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.
Ulangan 6:6-7 (TB)  Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,  haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.


Apabila Anda mendapati anak Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran, jangan marahi mereka. Sebaliknya kasihi mereka dan ajarkanlah membaca Alkitab. Percayalah Tuhan yang memberi hikmat kepada Timotius dan juga Thomas Alva Edison (http://ifgfsolo.blogspot.com/2019/12/tuhan-sumber-hikmat-dan-pengetahuan.html?m=1), Tuhan juga akan memberi kepandaian kepada anak-anak Anda. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages