Menuju Kehidupan Atau Kematian?




Minggu, 22 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Yohanes 1-3

1 Yohanes 2:17 (TB)  Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Kita mengenal beberapa istilah kematian, antara lain:

1. Kematian rohani, yaitu terpisah atau tidak memiliki hubungan dengan Allah. Ini terjadi karena dosa. Adam, manusia pertama jatuh dalam dosa, diusir dari Taman Eden sehingga tidak dapat bersekutu dengan Allah. Semua manusia juga telah berdosa, tetapi orang-orang yang menerima Tuhan Yesus akan menerima kehidupan rohani.

Roma 3:23-24 (TB)  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

2. Kematian jasmani, yaitu terpisahnya roh dan jiwa dari tubuh jasmani. Semua orang mengalami kematian jasmani saat Tuhan sudah mengambil atau menentukan kematiannya. Baik orang benar maupun orang jahat akan mengalami kematian. Tubuh jasmani akan dikubur, sedangkan bagi orang percaya roh manusia akan kembali ke Sorga. Tetapi roh orang yang tidak percaya kepada penghukuman (neraka).

3. Kematian kekal, yaitu kematian selama-lamanya yang terjadi kepada roh orang-orang fasik yang tidak percaya kepada Yesus. Kematian kekal terjadi pada saat Allah membinasakan Iblis dan semua pengikutnya.

Pesan firman Tuhan dalam 1 Yoh 2:17, jika kita mengikuti keinginan dunia maka akan mengalami kematian, bukan saja kematian rohani tetapi juga kematian kekal selama-lamanya.
Tetapi kabar baiknya adalah jika melakukan kehendak Allah akan tetap hidup selama-lamanya, yaitu:
1. Memiliki persekutuan dengan Allah
2. Berada di Sorga bersama Tuhan dalam kemuliaan dan kehidupan kekal.

Pilihan ada di hadapan kita, ada kehidupan atau kematian. Allah merindukan kita mengalami kehidupan yang kekal, oleh sebab itu marilah kita melakukan seluruh kehendak Allah dan hidup berkenan kepada-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages