Sifat Firman Allah




Minggu, 15 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ibrani 4-6

Ibrani 4:12 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Alkitab satu-satunya buku yang paling laris di dunia yang telah mengubah kehidupan ratusan juta manusia. Alkitab dalah Firman Allah yang ditulis melalui 40 penulis yang menerima pewahyuan dalam kurun waktu 1.500 tahun tetapi tidak ada pertentangan satu dengan yang lain. Intisari Alkitab adalah karya penyelamatan Allah dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru yang berpuncak kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat manusia.

Berikut ini sifat Alkitab sebagai Firman Allah berdasarkan Ibrani 4:12.

1. Firman Allah Hidup
Firman Allah terdiri dari logos yaitu firman Allah yang tertulis yang dapat kita baca. Tetapi juga terdiri dari rhema yaitu firman Allah yang hidup dan berbicara secara khusus kepada setiap orang yang membaca Alkitab. Oleh sebab itu dalam membaca Alkitab, kita harus percaya bahwa Tuhan sedang berbicara kepada kita.

2. Firman Allah Kuat
Firman Allah adalah senjata kita melawan Iblis. Ketika Yesus dicobai oleh Iblis, Yesus mengutip firman Allah untuk melawannya. Musuh terbesar yang sulit dikalahkan adalah diri sendiri. Tetapi Alkitab membuktikan bahwa ratusan juta kehidupan manusia diubahkan oleh firman Allah, sebab itu Alkitab kuat dan berkuasa untuk mengubah kehidupan manusia.

3. Firman Tuhan Tajam
Disebut sebagai lebih tajam dari pedang bermata dua manapun. Pedang bermata dua terdiri dari dua sisi yang sama-sama tajam yang bisa melukai musuh maupun diri sendiri. Artinya ketika kita menyampaikan firman Allah, terlebih dahulu Tuhan berbicara kepada kita, kemudian berbicara juga kepada yang menerimanya.
Ketajaman firman Allah, bisa menusuk amat dalam:
a. Memisahkan jiwa dan roh
b. Memisahkan sendi-sendi dan sumsum
c. Membedakan pikiran dan pertimbangan.
Arti dari ketiga hal tersebut firman Allah sanggup masuk amat dalam kepada bagian terdalam dalam hidup kita. Bagian terdalam secara fisik tidak terlihat, diri kita sendiri juga tidak tahu apalagi orang lain. Tetapi ketajaman firman Tuhan bisa mengungkap segala hal yang paling rahasia di dalam kehidupan kita.


Masih begitu banyak fakta tentang Alkitab dan sifat-sifatnya yang luar biasa. Sebagai orang percaya kita harus bangga dengan kebenaran dan kuasa dari Alkitab. Tetapi lebih daripada itu marilah kita senantiasa membaca, merenungkan serta melakukan dalam kehidupan kita supaya kuasa firman Allah menjadi nyata dari hari ke hari. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages