Kedatangan Tuhan Yesus




Selasa, 31 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Wahyu 19-22

Wahyu 22:7 (TB)  "Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!"

Kita sungguh bersyukur memiliki pengharapan yang hidup tentang kedatangan Tuhan Yesus. Bukan pengharapan yang tidak pasti (PHP), tetapi pengharapan yang sudah dan akan segera digenapi.

Pengharapan tentang kedatangan Tuhan Yesus terdiri dari 3 kali, yaitu:

1. Kedatangan Tuhan Yesus yang pertama.
Tuhan Yesus datang dalam rupa bayi Kristus, mengambil rupa manusia dalam kehinaan, menderita dan disalibkan supaya Ia dapat menebus manusia dari hukuman dosa. Kedatangan pertama ini menjadi pengharapan di Perjanjian Lama sudah digenapi dalam Perjanjian Baru. Semua sudah dicatat di Alkitab dan bukti-bukti sejarah tidak dapat disangkal tentang kelahiran Tuhan Yesus.

Filipi 2:7-8 (TB)  melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

2. Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua.
Tuhan Yesus akan datang di awan-awan permai untuk menjemput jemaat sebagai mempelai wanita. Pada kedatangan kedua akan terjadi kebangkitan orang mati dan pengangkatan orang percaya yang masih hidup. Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua ini akan disertai dengan perjamuan kawin Anak Domba. Setelah ini akan memasuki Kerajaan Seribu Tahun di mana ada keamanan dan damai sejahtera di bumi sebab Iblis telah diikat dalam jurang maut.

1 Tesalonika 4:16-17 (TB)  Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Wahyu 19:6-7 (TB)  Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

3. Kedatangan Tuhan Yesus yang ketiga.
Disebutkan dalam Wahyu 22:6-17 adalah kedatangan Tuhan Yesus yang terakhir.
Masa ini terjadi setelah Kerajaan Seribu Tahun, Iblis sebentar dilepaskan (Wahyu 20:7-10) dan kemudian Iblis dihukum. Tuhan telah menyiapkan Yerusalem Baru (Sorga) dan setiap orang percaya yang melakukan firman Tuhan akan menerima upah dan hidup di dalamnya selama-lamanya. Inilah kesudahan dunia, Iblis dan neraka sudah dihancurkan, yang ada adalah kehidupan di Sorga yang kekal.
Wahyu 22:12 (TB)  "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.


Sungguh mulia dan agung pengharapan iman kita tentang kedatangan Tuhan Yesus. Sangat jauh berbeda dengan agama dan keyakinan lain yang tidak memiliki pengharapan atau sekedar "semoga" dan "mudah-mudahan". Oleh sebab itu kita yang telah percaya kepada Tuhan Yesus marilah kita berpegang teguh pada pengharapan iman kita. Jangan meninggalkan kasih karunia Allah dan tetaplah setia sampai akhir hayat saat Tuhan memanggil kita serta bertekun menantikan kedatangan Tuhan Yesus. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages