Sehat Jasmani Dan Rohani





Selasa, 24 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas.

3 Yohanes 1:2 (TB)  Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.

Hidup dalam keadaan baik-baik dan sehat-sehat dalam segala sesuatu, itulah yang diharapkan semua orang. Ternyata hal ini menjadi doa dari Rasul Yohanes untuk sahabatnya yang bernama Gayus agar ia baik-baik dan sehat-sehat dalam segala sesuatu. Demikianlah juga menjadi doa kita baik bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang yang kita kasihi.

Baik-baik dan sehat-sehat dalam keadaan apa saja?

1. Jiwa dan rohani

a. Dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai "your soul prospers" yang artinya jiwamu berhasil.
3 John 1:2 (NKJV)  Beloved, I pray that you may prosper in all things and be in health, just as your soul prospers.
Jiwa meliputi pikiran, perasaan dan kehendak. Dalam hal ini ketiganya dipenuhi dengan damai sejahtera sehingga dapat disebut sebagai baik-baik. Menariknya ini menjadi prioritas yang harus terjadi lebih dahulu sebelum baik-baik dalam bidang yang lain, sebab Yohanes menyebut "sama seperti jiwamu baik-baik saja".
Jadikanlah kebaikan dan kesuksesan jiwa sebagai dasar untuk kesuksesan area kehidupan yang lain.

b. Dalam terjemahan FAYH, menggunakan kata rohani.
3 Yohanes 1:2 (FAYH)  Sahabatku yang baik, aku berdoa semoga engkau baik-baik saja dan jasmanimu sama sehatnya seperti rohanimu.
Artinya Yohanes melihat kehidupan rohani Gayus yang sehat sehingga ia berdoa agar jasmaninya juga sehat.
Kata rohani berbicara mengenai hubungan dengan Allah dan manusia roh (batiniah) kita. Supaya senantiasa sehat dan baik harus memiliki hubungan yang intim (persekutuan) dengan Allah dan secara rutin menerima makanan rohani. Marilah kita mendisiplin diri lebih lagi dalam bersaat teduh dan beribadah kepada Tuhan.

2. Jasmani dan segala sesuatu

a. Jasmani berarti keadaan tubuh (fisik), hal ini seharusnya selalu kita doakan dan usahakan kesehatannya.
Lebih baik setiap hari berdoa untuk kesehatan kita agar senantiasa dalam perlindungan Tuhan, sebab banyak bakteri, virus, kondisi cuaca, pengaruh makanan dan sebagainya yang bisa menurunkan kualitas kesehatan dan menyebabkan sakit-penyakit.
Dalam mengusahakan kesehatan dengan beberapa cara antara lain berolah raga, cukup waktu istirahat, menjaga pikiran agar tidak stress, menjaga pola makan yang seimbang dan sehat serta menjauhi kebiasaan yang buruk (merokok, miras, narkoba dan seks bebas). Tuhan mengaruniakan tubuh yang sehat, sehingga menjadi tugas kita menjaganya agar senantiasa baik-baik dan sehat-sehat.

b. Dalam segala sesuatu.
Tentunya bukan hanya jasmani yang perlu kita doakan dan usahakan tetapi segala sesuatu dalam kehidupan kita. Beberapa bagian dari kehidupan seperti keluarga, pekerjaan, keuangan, property (harta milik), studi, pelayanan dan sebagainya juga harus didoakan dan diusahakan agar senantiasa baik-baik dan sehat-sehat.

Mens sana in corpore sano, adalah sebuah kutipan yang berarti Di dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat. Ternyata hal ini sebelumnya sudah menjadi nasehat firman Tuhan bagi kita, agar hidup kita senantiasa baik-baik dan sehat-sehat dalam segala sesuatu, sama seperti jiwa dan rohani kita. Marilah tiada henti-hentinya berdoa dan berusaha menjaga kebaikan dan kesehatan seluruh area kehidupan kita. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages