Menguji Roh-roh





Senin, 23 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Yohanes 4-5

1 Yohanes 4:1 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Agenda besar dari Iblis dan pengikutnya adalah menyesatkan manusia. Itulah sebabnya mereka pergi ke seluruh dunia mencari orang-orang yang dapat disesatkan dengan tipu daya dan pengajaran palsu. Banyak nabi-nabi palsu yang mengatasnamakan berasal dari Allah, tetapi sesungguhnya mereka berasal dari Iblis.
Matius 7:15 (TB)  "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Bagaimana sikap kita menghadapi roh-roh di dalam dunia?
1. Jangan percaya akan setiap roh
2. Ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah.
Perhatikan kata "roh-roh" ditulis dalam huruf kecil berarti bukan Roh Kudus, dan di dunia ini banyak roh-roh.
Sebagian besar kata "roh-roh" di Alkitab menunjuk kepada roh jahat, seperti roh peramal, roh jahat, roh-roh penyebab sakit, roh-roh penguasa daerah, roh perasuk, roh yang membisukan, roh-roh dunia dan sebagainya.

Ada pula "roh-roh" yang baik dan berkenan kepada Allah, misalnya roh keahlian, roh keadilan,  roh-roh yang melayani, dan ini yang dimaksud adalah malaikat yang berasal dari Allah.
Ibrani 1:14 (TB)  Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?
Selain itu ada pula istilah "roh" yang menunjuk kepada roh manusia yang telah diperbaharui atau lahir baru, misalnya roh yang teguh, roh yang rela, roh yang baru dan roh yang lemah-lembut.
1 Petrus 3:4 (TB)  tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Mengingat begitu banyak "roh-roh di dalam dunia, penting sekali bagi kita untuk menguji setiap roh yang datang kepada kita.
Bagaimana acuan kita dalam menguji roh-roh?
1. Setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia berasal dari Allah. (1 Yoh 4:2)
2. Setiap roh yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh ini disebut roh antikristus, artinya tidak percaya bahwa Kristus diurapi yang adalah Allah yang melakukan karya keselamatan dalam wujud Yesus sebagai manusia. (1 Yoh 4:2)
3. Setiap roh yang berbicara tentang hal-hal duniawi, tidak berasal dari Allah tetapi dari dunia atau Iblis. (1 Yoh 4:5)
Lebih lanjut Yohanes berkata bahwa ia berasal dari Allah, barangsiapa berasal dari Allah, mereka mendengarkan firman Tuhan yang disampaikan oleh Yohanes.
Sebagai kesimpulan alat penguji yang paling tepat untuk menguji roh-roh adalah firman Tuhan (Alkitab). Segala sesuatu yang bertentangan dengan firman Tuhan bukan berasal dari Allah. Jadi betapa pentingnya kita terus membaca dan merenungkan firman Tuhan supaya kita dapat menguji setiap roh yang datang kepada kita sehingga kita tidak mudah disesatkan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages