Positive Thinking





Kamis, 5 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Filipi 1-4

Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Dalam seminar motivasi maupun ilmu kepemimpinan kita sering mendengar "positive 
thinking" atau berpikir positif. Berpikir positif sebenarnya berasal dari firman Tuhan, bahkan kalau boleh kita katakan sebagian besar materi motivasi maupun ilmu kepemimpinan berasal dari firman Tuhan.

Pesan apa yang dapat kita dapatkan dengan berpikir positif?

1. Pikirkan semua yang baik (positif).
Filipi 4:8, mengajak kita untuk selalu memikirkan semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji.
Artinya isilah pikiran kita dengan segala sesuatu yang baik.
Segala sesuatu yang baik ibarat seperti file-file yang baik, dimasukkan dalam "hardisk" (penyimpanan) sebuah komputer. Sebaliknya segala sesuatu yang tidak baik seperti sebuah virus yang menyerang data komputer atau sampah-sampah yang membuat komputer menjadi "lemot".

2. Tolak dan hilangkan semua yang buruk (negatif).
Ada pepatah mengatakan "Kita tidak bisa melarang burung-burung terbang di atas kepala kita, tetapi kita bisa melarang burung-burung hinggap dan membuang kotoran di atas kepala kita."
Apa artinya?
a. Kita harus menolak semua yang negatif yang datang untuk mempengaruhi hidup kita.
b. Kita harus membersihkan segala kekotoran hati atau pikiran kita di masa lalu. Caranya? Dengan mengisi terus hati dan pikiran kita dengan firman Tuhan.
Yohanes 17:17 (TB)  Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Berpikir positif akan membawa kita kepada kehidupan yang penuh iman, sukacita, damai sejahtera dan ucapan syukur. Jadi buat apa berpikir negatif? Buat apa kuatir, cemas, cemburuan dan marah-marah. Lebih baik berpikirlah positif dan sambutlah masa depan yang cerah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages