Memelihara Hidup



Sabtu, 7 Desember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tes 1-5

1 Tesalonika 5:23 (TB)  Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Hidup kita adalah titipan Tuhan. Hidup terdiri dari roh, jiwa dan tubuh suatu saat akan kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan. DIA menghendaki agar hidup kita kudus, terpelihara sempurna dan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus.

Bagaimana tanggung jawab memelihara hidup kita?

1. Memelihara roh
Roh manusia merupakan bagian dari hidup yang bisa bersekutu dengan Allah, apabila telah dikuduskan oleh Tuhan Yesus. Cara memelihara roh kita antara lain:
a. Memelihara persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui saat teduh yaitu doa, penyembahan dan merenungkan firman Tuhan.
b. Rajin dalam ibadah dan pelayanan supaya roh kita senantiasa menyala-nyala.
c. Menjauhkan diri dari segala jenis penyembahan berhala.
Roma 12:11 (TB)  Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

2. Memelihara jiwa
Jiwa manusia terdiri dari pikiran, perasaan dan kehendak. Cara memeliharanya jiwa adalah:
a. Menyelaraskan pikiran, perasaan dan kehendak kita kepada pikiran Kristus
Filipi 2:5 (TB)  Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.
b. Menolak segala pikiran kotor, jahat dan bertentangan dengan pikiran Kristus.
c. Menguasai diri dalam perasaan dan kehendak sehingga tidak jatuh dalam dosa.
Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

3. Memelihara tubuh
Tubuh adalah bagian hidup kita yang terlihat secara fisik. Tubuh terdiri dari banyak anggota, dari darah dan daging. Tetapi dalam tubuh ini juga terdapat keinginan daging yang seringkali bertentangan dengan kehendak Allah.

Cara memelihara tubuh kita adalah:
a. Jangan menjadikan tubuh sebagai alat untuk berbuat dosa.
Roma 6:13 (TB)  Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

b. Menolak segala perbuatan atau kebiasaan yang bisa mencemari kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok, minum minuman keras, narkoba dan seks bebas termasuk dalam hal ini.
2 Korintus 7:1 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

c. Memelihara kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan, olah raga, istirahat dan kerja yang seimbang. Banyak penderita sakit kronis saat ini terjadi di usia muda, disebabkan karena mereka tidak menjaga pola makan yang sehat.


Biarlah renungan hari ini akan memotivasi kita untuk memelihara hidup yang Tuhan percayakan dengan memelihara roh, jiwa dan tubuh kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages