Sahabat Tuhan





Sabtu, 8 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 21-25

Mazmur 25:14 (TB)  TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Istilah sahabat semakin jarang terdengar di masa kini. Barangkali semakin sulit menemukan orang-orang yang setia dan komitmen untuk menjaga rahasia. Tingkat hubungan seorang sahabat lebih tinggi daripada teman. Seorang sahabat adalah seorang yang mau berkorban bahkan seperti seorang saudara.

Alkitab menulis beberapa ayat tentang karakter seorang sahabat.
Amsal 17:17 (TB)  Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.
Yohanes 15:13-14 (TB)  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Tuhan menjadikan kita sebagai sahabat yaitu jika kita melakukan kehendak-Nya.
Dari pihak kita, Tuhan hanya meminta kita senantiasa takut akan Tuhan.
Dalam terjemahan NKJV ditulis sebagai berikut:
Psalms 25:14 (NKJV)  The secret of the Lord is with those who fear Him, And He will show them His covenant.

Dari pihak Tuhan, janji-Nya dalam hubungan persahabatan ini adalah:

1. Tuhan bergaul karib
"The secret of the Lord" yang berarti rahasia Tuhan. Seseorang yang mengerti rahasia Tuhan berarti memiliki keintiman dengan Tuhan. Bisa mengerti sifat, pribadi, kasih, karakter Tuhan dan pengalaman pribadi dengan Tuhan setiap hari. Bergaul karib hanya bisa terjadi apabila kita memiliki kerinduan dan komitmen saat teduh setiap hari bersama Tuhan. Selain saat teduh, setiap waktu menjadi sarana berkomunikasi dengan Tuhan melalui setiap peristiwa, situasi dan kondisi yang terjadi.

2. Tuhan memberitakan perjanjian-Nya.
Alkitab memuat lebih dari 365 janji-janji Tuhan. Setiap hari kita bisa hidup dengan percaya kepada setiap janji Tuhan. Sebagaimana sebuah perjanjian, dibuat oleh dua pihak dan menuntut kedua pihak untuk mentaati isi perjanjian tersebut. Bila kita taat kepada firman Tuhan maka Tuhan yang akan menggenapkan setiap janji Tuhan dalam kehidupan kita.

Menjadi seorang sahabat membutuhkan harga yang harus dibayar yaitu bersekutu dengan Tuhan dan taat kepada perintah-Nya. Tetapi ada upah atau berkat yang kita terima yaitu semakin mengenal Tuhan secara pribadi dan Tuhan menggenapi setiap janji-Nya dalam kehidupan kita. Jadilah sahabat Tuhan. Amin (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages