Mezbah Sukacita




Rabu, 12 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 41-45

Mazmur 43:4 (TB)  Maka aku dapat pergi ke mezbah Allah, menghadap Allah, yang adalah sukacitaku dan kegembiraanku, dan bersyukur kepada-Mu dengan kecapi, ya Allah, ya Allahku!

Bagi sebagian orang beribadah kepada Tuhan bukanlah hal yang menarik. Berdoa menjadi hal yang berat dan menjemukan. Membaca Alkitab menjadi beban. Tidak ada kerinduan bersaat teduh dan masuk hadirat Allah. Apakah Anda termasuk salah satu orang dalam bagian tersebut?

Daud menuliskan bahwa mezbah Allah adalah tempat berjumpa dengan Tuhan, menjadi tempat sukacita, kegembiraan dan ucapan syukur. Mengapa Daud menjadikan mezbah Allah sebagai mezbah sukacita?

1. Tempat berjumpa dengan Allah.
Berjumpa dengan Allah merupakan sukacita yang luar biasa, sebab Ia sumber kehidupan, kuasa dan pertolongan. Di mezbah Allah kita bisa mengalami mujizat dan pemulihan.
Yesaya 55:6 (TB)  Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

2. Tempat mencurahkan isi hati.
Tidak semua orang mau mendengar masalah dan isi hati kita. Tetapi di mezbah Allah kita bisa mencurahkan isi hati dan beban pergumulan kita kepada-Nya. Kita bisa menyerahkan segala kekuatiran kita.
Mazmur 62:9 (TB)  Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.

3. Tempat terindah dari semua yang ada.
Banyak orang menghabiskan waktu untuk berlibur, pergi ke tempat wisata dan ke tempat-tempat hiburan. Memang semua ini mendatangkan kesenangan bagi jiwa, tetapi bukan ketenangan dalam roh. Berlibur dan bersenang-senang tidaklah menyelesaikan masalah. Ada tempat yang lebih baik dari semuanya yaitu di hadapan mezbah (hadirat Allah).
Mazmur 84:11 (TB)  Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik.

4. Tempat mendapatkan kelegaan.
Tuhan menawarkan agar kita datang kepada mezbah Tuhan dan mendapatkan kelegaan.
Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Jika kita tahu ada tempat yang terindah, mendatangkan sukacita dan mujizat pasti kita akan ke sana. Dan tempat itu adalah mezbah Allah, yaitu persekutuan dengan Allah. Mezbah Allah itu dapat Anda bangun sendiri melalui saat teduh, yaitu menyembah, berdoa dan merenungkan firman Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages