Berbagai Penyebab Sakit Penyakit



Selasa, 25 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 106-110

Mazmur 107:17-18 (TB)  Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka; mereka muak terhadap segala makanan dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut.

Dalam hidup ini berlaku hukum sebab akibat, termasuk dalam hal penyakit pasti ada penyebabnya. Marilah kita akan belajar beberapa penyebab penyakit.

1. Kutuk akibat dosa

Kejadian 3:17 (TB)  Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:

Sebelum manusia jatuh ke dalam dosa, taman Eden menjadi taman sorgawi yang tidak ada sakit penyakit. Tetapi setelah manusia jatuh dalam dosa, bumi pun mengalami kutuk dosa. Akibat kutuk ini, timbullah berbagai macam bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit yang semakin lama semakin berkembang dan bermutasi semakin ganas. Untuk mengatasi hal ini kita harus menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan serta meningkatkan daya tahan tubuh sebab di seluruh dunia ini ada sumber penyebab penyakit baik udara maupun benda-benda.

2. Pencobaan dan ujian.

Ayub 2:4-7 (TB)  Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Kulit ganti kulit! Orang akan memberikan segala yang dipunyainya ganti nyawanya.
Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."
Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, ia dalam kuasamu; hanya sayangkan nyawanya."
Kemudian Iblis pergi dari hadapan TUHAN, lalu ditimpanya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.

2 Korintus 12:7-9 (TB)  Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.
Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Kisah Ayub dan Paulus menggambarkan hal ini. Tujuan Allah mengijinkan mereka sakit untuk memurnikan iman mereka dan membuat mereka tetap rendah hati di tengah segala kuasa dan karunia yang bekerja dalam diri mereka. Namun percayalah hal ini tidak melampaui kekuatan kita.

1 Korintus 10:13 (TB)  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

3. Kesalahan sendiri atau dosa

Mazmur 107:17-18 (TB)  Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka; mereka muak terhadap segala makanan dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut.

Dalam ayat tersebut ada penyakit yang timbul karena kesalahan sendiri.
Kesalahan sendiri terdiri dari beberapa hal, yaitu:

A. Pola makan yang tidak sehat, misalnya makan makanan yang berkolesterol tinggi (jeroan, seafood, dll), makanan dengan pengawet, pewarna, atau MSG (micin) sehingga mengakibatkan berbagai penyakit.

B. Kebiasaan buruk, misalnya begadang, merokok, minuman keras, narkoba dan seks bebas yang berakibat berbagai penyakit kronis dan serius.

C. Kelalaian, misalnya kecelakaan yang timbul akibat tidak waspada, misalnya tidak mengenakan helm dengan benar, tidak berhati-hati dalam perjalanan atau dalam bekerja.

D. Kepahitan, yaitu menyimpan kemarahan dan dendam, tidak mau mengampuni kesalahan orang lain sehingga memicu berbagai penyakit timbul dalam tubuh. Hal ini akan mengganggu proses metabolisme dan keseimbangan hormon dalam tubuh.

E. Penyembahan berhala, yaitu dengan percaya kepada setan, pesugihan dan kuasa kegelapan dalam mendapatkan sesuatu yang diharapkan. Hal ini akan meminta tumbal salah satunya adalah penyakit yang menyebabkan kematian.

F. Dosa nenek moyang.
Keluaran 20:5 (TB)  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

Ada akibat dosa turunan dari nenek moyang, bila mereka adalah penyembah berhala. Demikian pula harus waspada bila dalam jalur ini ada sakit penyakit yang bisa diturunkan misalnya diabetes, ayan, jantung atau kanker.

Demikian kita telah belajar berbagai penyebab sakit penyakit yang membuat kita dapat waspada dan menjaga diri supaya terhindar dari segala sakit penyakit. Dan jika ada sakit penyakit yang Tuhan ijinkan supaya kita tetap kuat dalam iman dalam menantikan mujizat dan kesembuhan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages