Doa Kepercayaan




Kamis, 6 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 11-15

Mazmur 13:5-6 (TB) Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu.
Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

Seringkali iman seseorang menjadi lemah ketika jawaban doa belum segera datang. Atau kenyataan yang dialami tidak seperti yang diharapkan. Daud mengalami saat-saat seakan Tuhan diam dan melupakannya.
Mazmur 13:2 (TB)  Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus-menerus? Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku?
Mazmur 13:2 (TB)  Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?

Apakah Daud menjadi putus asa karena kenyataan tersebut. Ternyata Daud terus-menerus membangun kepercayaannya kepada Tuhan.
Mazmur 13:5-6 (TB)  Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu.
Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

Kata "tetapi" menunjukkan antitesis (perlawanan) dari kenyataan yang ada. Sekalipun seakan-akan Tuhan melupakannya, bersembunyi terhadap Daud, terus-menerus kuatir dan bersedih bahkan atas semua ancaman dari musuh-musuhnya. Daud tetap percaya kepada Tuhan.

Inilah sikap yang memungkinkan Daud terus membangun kepercayaannya kepada Tuhan, sekalipun belum datang pertolongan Tuhan.
1. Percaya kepada kasih setia Allah
2. Hatinya bersorak-sorak karena penyelamatan Tuhan.
3. Menyanyi untuk Tuhan karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

Dan sungguh benar sikap doa Daud. Yesus juga berkata dalam Markus 11:24 (TB),  "Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu."

Jadi ketika kita mengalami keadaan seakan-akan Tuhan melupakan atau berdiam terhadap doa-doa kita ... tetaplah percaya. Bangunlah sikap percaya bahwa kita telah menerimanya, maka terjadilah menurut apa yang kita percaya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages