Menjadi Tanda Ajaib



Selasa, 18 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 71-75

Mazmur 71:7 (TB)  Bagi banyak orang aku seperti tanda ajaib, karena Engkaulah tempat perlindunganku yang kuat.

Daud terlahir sebagai manusia biasa, berlatar belakang keluarga sederhana tetapi dipilih Tuhan untuk menjadi raja dan dekat dalam hati Tuhan.
Bagi banyak orang Daud seperti tanda ajaib. Menarik untuk membahas "tanda ajaib". Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah kuasa, mujizat dan penyertaan Tuhan yang luar biasa dalam diri seorang Daud sehingga orang-orang memuliakan Tuhan melalui diri Daud.

1. Di usia masih sangat muda Daud menggembalakan kambing domba di padang, berjuang mengalahkan singa dan beruang yang mengancam domba-dombanya.

2. Sekalipun Daud bukan tentara, tetapi ia memiliki keberanian menghadapi Goliat atas nama Tuhan. Goliat mati terbunuh oleh Daud sekalipun Daud tidak mengenakan pakaian perang, bahkan hanya sekali mengumban batu mengenai dahi Goliat.

3. Dengan kecapi dan penyembahan yang dilakukan oleh Daud, roh jahat yang hinggap dalam diri Saul keluar dan Saul menjadi nyaman berada di sisi Daud.

4. Berulang kali selamat dari ancaman pembunuhan yang dilakukan oleh Saul. Sekalipun ada beberapa kesempatan Daud membalas Saul, tetapi ia memilih untuk melepaskan Saul sebab ia tidak mau mengusik hamba (raja) yang diurapi oleh Tuhan.

5. Ketika Daud menjadi raja, ia bersama pasukannya mengalahkan berlaksa-laksa musuhnya. Kerajaan demi kerajaan tunduk kepada Daud, memberikan upeti sehingga kekuasaan kerajaan Israel semakin luas.

6. Daud selamat dari setiap usaha pemberontakan termasuk oleh Absalom, anaknya sendiri.

7. Daud menjadi pribadi yang sangat dekat dan mengenal isi hati Tuhan sehingga Tuhan mengaruniakan kuasa, kemuliaan, kekuatan dan perlindungan.

8. Daud senantiasa bersyukur dan memuji Tuhan setiap hari sekalipun dalam bahaya dan penderitaan.
Mazmur 71:8 (TB)  Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari.

Masih banyak hal lain yang membuktikan bahwa Daud menjadi tanda ajaib bagi banyak orang. Jika dibawa dalam sebuah film Daud bagaikan aktor utama (lakon), sekalipun mengalami banyak bahaya dan kesulitan tetapi pada akhirnya mengalami kemenangan (happy ending).

Saudaraku ... maukah Anda menjadi tanda ajaibnya Tuhan? Bersikaplah dan perbuatlah apa yang Daud lakukan, senantiasa menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungan yang kuat, senantiasa bersekutu, memuji dan menyembah Tuhan. Kuasa dan hadirat Allah akan melingkupi Anda sehingga menjadikan Anda lebih dari pemenang. Selamat bekerja dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages