Semua Milik Tuhan



Minggu, 3 Juni 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 40-42

Ayub 41:2 (TB)  Siapakah yang menghadapi Aku, yang Kubiarkan tetap selamat? Apa yang ada di seluruh kolong langit, adalah kepunyaan-Ku.

Tuhan adalah pemilik alam semesta dan semua yang ada di dalamnya. Tuhan memanggil kita untuk mengelola ciptaan-Nya.

1. Sikap memiliki secara mutlak melupakan Tuhan sebagai pemilik segala sesuatu.
Sikap ini menimbulkan egoisme, konflik dan penderitaan. Manusia menjadi pelit, rakus dan tidak tahu berterima kasih. Bahkan bisa berebut harta atau bersaing dengan tidak sehat demi mendapat kekayaan.

1 Timotius 6:9 (TB)  Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

2. Sikap pengelola menyadari bahwa semua yang dipercayakan adalah milik Tuhan.
Sikap ini menumbuhkan tanggung jawab yang sehat. Sikap pengelola tidak menjadi pelit atau marah disaat Tuhan meminta apa yang menjadi milik-Nya.
Oleh sebab itu Tuhan menetapkan persepuluhan sebagai tes apakah manusia bisa menjadi pengelola yang baik. Seorang pengelola yang baik tidak akan menjadi pencuri atau menolak bisa seorang Pemilik meminta apa yang menjadi milik-Nya.

Ayub 1:21 (TB)  katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"

Ayub adalah teladan seorang pengelola yang baik. Ketika semua diambil oleh Tuhan, ia tidak marah dan kecewa sebaliknya ia memuji Tuhan. Maukah kita meneladani sikap Ayub? Jika kita menjadi pengelola yang baik, maka Tuhan akan mempercayakan perkara-perkara yang besar kepada kita. Selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages