Bapa Sayang Anak-anaknya




Minggu, 24 Juni 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 101-105

Mazmur 103:13 (TB)  Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Gambaran kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya mudah untuk dipahami, sebab kita adalah orang tua dan akan menjadi orang tua. Atau kita seorang anak yang pernah merasakan kasih dari orang tua. Bila kita sulit untuk membayangkan kasih Tuhan, maka Tuhan memberikan gambaran bahwa kasih-Nya identik dengan kasih bapa kepada anak-anaknya. Setiap istilah dari Alkitab lebih dominan memakai kata maskulin, dalam hal ini bapa sebagai mana sifat Tuhan. Bukan berarti ibu tidak mengasihi anak-anaknya. Dalam kehidupan sehari-hari orang tua atau ayah dan ibulah yang mengasihi dan memelihara kehidupan kita sejak kecil.

Di bagian lain, firman Tuhan juga mengatakan:
Lukas 11:10 (TB)  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
Lukas 11:11 (TB)  Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?

Bila kita renungkan kata sayang memiliki arti:
1. Mencintai / mengasihi
Menerima kita apa adanya, sekalipun kita memiliki dosa dan kelemahan.

2. Menyediakan
Sebagaimana orang tua yang memelihara kita sejak dari kecil, demikianlah Tuhan menyediakan segala kebutuhan kita.

3. Memulihkan
Tuhan memulihkan hubungan kita dengan-Nya dengan cara berkorban dan mengampuni dosa-dosa kita.

4. Mendidik
Tuhan mendidik kita melalui berbagai peristiwa yang membuat kita menjadi disiplin dan memiliki karakter yang baik.

Jikalau ada yang merasa bahwa orang tua Anda tidak mengasihi Anda, ketahuilah bahwa pandangan Anda tidak benar. Memang orang tua Anda punya kelemahan, tetapi yang sebenarnya adalah ia sangat mengasihi Anda.
Demikian pula kita tidak dapat melihat semua perbuatan Tuhan untuk menolong dan langsung menjawab kebutuhan Anda. Tetapi percayalah semua yang Tuhan lakukan adalah untuk kebaikan Anda. Rasakan dan alami kasih Bapa dalam kehidupan Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages