Rancangan Manusia




Jumat, 22 Juni 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 91-95

Mazmur 94:11 (TB)  TUHAN mengetahui rancangan-rancangan manusia; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.

Banyak pertanyaan muncul ketika kita merenungkan ayat tersebut. Mengapa rancangan manusia sesungguhnya adalah sia-sia? Apakah berarti kita tidak boleh memiliki rancangan? Apakah bedanya rancangan Tuhan dan rancangan manusia? Bagaimana menyikapi rancangan kita? Baiklah kita coba membahasnya satu persatu.

Mengapa rancangan manusia sesungguhnya adalah sia-sia?
Dosa mempengaruhi manusia sehingga rancangan mereka semata-mata adalah untuk melakukan kejahatan, dan semua itu di mata Tuhan dipandang sebagai sia-sia belaka.
Mazmur 37:12 (TB)  Orang fasik merencanakan kejahatan terhadap orang benar dan menggertakkan giginya terhadap dia.

Apakah kita tidak boleh memiliki rancangan? Boleh bila kita menjadi orang benar dan bukan orang fasik. Orang benar adalah orang yang melakukan firman Tuhan.
Amsal 12:5 (TB)  Rancangan orang benar adalah adil, tujuan orang fasik memperdaya.

Apakah beda rancangan Tuhan dengan rancangan manusia? Rancangan Tuhan sempurna, pasti terlaksana dan untuk kebaikan umat-Nya.
Yesaya 55:8-9 (TB)  Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
Amsal 19:21 (TB)  Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana.
Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Bagaimana menyikapi rancangan kita?
Amsal 16:3 (TB)  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.

Jadi bagaimana kita membuat rancangan? Hiduplah sebagai orang benar yang mengerti kehendak Tuhan dan serahkanlah segala rancangan kita kepada-Nya dan kehendak-Nya yang terjadi dalam kehidupan kita. Belajarlah memahami firman Tuhan supaya setiap rancangan kita sesuai dengan kehendak-Nya. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages