Kerinduan Kepada Allah




Selasa, 12 Juni 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 41-45

Mazmur 42:2 (TB) Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.

Air menjadi kebutuhan utama setiap makhluk hidup. Tanpa mengkonsumsi air binatang maupun tanaman akan menjadi layu dan lemas. Binatang rusa sangat bergantung hidupnya pada ketersediaan air. Oleh sebab itu kawanan rusa senantiasa berkelompok di dekat mata air atau danau kecil, di mana ketika mereka haus sewaktu-waktu dapat minum air. Walaupun seringkali di sungai atau danau terdapat binatang buas yang bisa mengancam keselamatan mereka.

Rusa memiliki penciuman yang tajam untuk mencari lokasi air. Daud menggambarkan kehausan rusa di tengah kekeringan. Tiada turun hujan, pohon-pohon mulai layu, sungai dan danau mulai mengering. Bahkan sekelompok rusa harus menempuh perjalanan yang jauh untuk mencari air. Di sinilah kita bisa membayangkan betapa hausnya seekor rusa akan air, lemas, pucat karena kehausan. Fenomena inilah yang Daud berikan untuk menggambarkan kehausan jiwa Daud akan Tuhan yang teramat sangat.

Orang Kristen yang tidak haus akan Tuhan menjalani hidup kekristenan mereka dengan "cara biasa". Ibadah hanya rutinitas, bahkan seringkali meninggalkan ibadah, tidak berdoa dan tidak membaca Alkitab. Inilah tipikal Kristen agamawi tetapi tidak mengalami persekutuan pribadi dengan Tuhan.

Orang Kristen yang haus akan Tuhan menjalani hidupnya dengan "cara yang luar biasa". Mereka bersedia mengorbankan kenyamanan hidupnya demi mengalami persekutuan dengan Tuhan. Menjalankan ibadah, berdoa dan membaca Alkitab dengan rajin dan berkualitas. Mereka berani menghadapi tantangan apapun demi persekutuan dengan Tuhan. Tidak ada hal yang lain yang dapat mengisi kerinduan mereka selain bersekutu dengan Tuhan. Ini adalah Kristen esensi bukan Kristen agamawi. Kristen esensi mengutamakan hubungan yang berkualitas dengan Tuhan, bukan sekedar menjalankan tradisi agama.

Kita tidak akan bisa menjadi pribadi yang sungguh-sungguh mencintai Tuhan tanpa memiliki kerinduan total kepada Tuhan. Biarlah gambaran seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, memotivasi kita agar senantiasa haus dan lapar akan Tuhan. Selamat menikmati persekutuan dengan Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages