Menyiapkan Warisan




Selasa, 26 Juni 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 111-115

Mazmur 112:1-2 (TB)  Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. 

Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.
Warisan dalam KBBI mempunyai arti sesuatu yang diwariskan (diberikan) kepada keturunannya seperti harta, nama baik atau harta pusaka. Orang yang bijak akan meninggalkan warisan untuk keturunannya. Tetapi sayangnya banyak orang hanya mencari harta duniawi untuk dapat diwariskan. Walaupun hal itu baik tetapi akan lebih baik bila mewariskan harta jasmani dan harta rohani. Sebab harta jasmani bisa habis seketika tetapi harta rohani bernilai kekal.

Bagaimana menyiapkan warisan yang baik?

1. Hidup dengan takut akan Tuhan.
Artinya selalu taat kepada Tuhan dan hidup dalam kekudusan. Hal ini akan meninggalkan teladan yang baik untuk keturunannya. Di samping itu tidak mewariskan kutuk akibat dosa melainkan berkat karena taat kepada Tuhan.

2. Sangat suka kepada segala perintah Tuhan.
Dalam hal ini adalah suka membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan. Sangat bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga sebagai warisan untuk keturunan kita. Oleh sebab itu jangan malas untuk merenungkan firman Tuhan.

Warisan apakah yang diterima?

1. Anak cucunya akan perkasa.
Perkasa dalam hal ini adalah orang-orang yang kuat dalam menghadapi persoalan dan tantangan, tetapi juga orang-orang yang memiliki kedudukan dan kuasa.

2. Angkatan (keturunan) orang benar akan diberkati.
Diberkati dalam hal ini dalam arti jasmani maupun rohani. Mungkin saat ini hidup kita sederhana dan tidak bisa meninggalkan banyak warisan harta, tetapi bila kita meninggalkan warisan rohani maka anak cucu kita akan berhasil dan diberkati.

Kiranya renungan hari ini mengingatkan kepada kita bahwa persekutuan dengan Tuhan dan segala sesuatu yang kita lakukan di dalam Tuhan bernilai kekal. Tidak hanya berdampak kepada kehidupan kita tetapi juga menjadi warisan bagi anak cucu. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages