Ujian Mendatangkan Kemuliaan




Senin, 28 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 22-24

Ayub 23:10 (TB)  Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

Segala peristiwa yang dialami Ayub sesungguhnya adalah ujian yang mendatangkan kemuliaan dalam hidup Ayub. Memang di saat mengalami semua masalah, Ayub dan juga kita bertanya-tanya apa maksud Tuhan dibalik semua ini. Sesungguhnya tujuan Tuhan adalah untuk mendatangkan kebaikan.
Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

1. Tuhan tahu jalan hidup kita.
Hal yang membuat kita kuatir adalah saat kita tidak tahu rencana Tuhan, tidak mengerti mengapa semua terjadi bahkan juga tidak tahu tujuan akhir di balik semua yang terjadi.
Yang harus kita imani supaya kita tetap kuat:
A. Masa depan kita cerah, rancangannya adalah damai sejahtera (Yeremia 29:11). Tuhan tidak pernah merencanakan kegagalan dan kejahatan bagi kita.
B. Seperti mozaik, kita tidak tahu hasil akhirnya tetapi kita harus taat menjalani setiap proses. Hanya dengan ketaatan, mozaik hidup kita akan sempurna dan tak ternilai harganya.

2. Setiap ujian akan memurnikan
Kehidupan kita seakan seperti emas yang sedang dimurnikan. Kesulitan yang kita alami seakan membakar hidup kita. Ada rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit. Di saat itu kita akan mendapat banyak hikmat Tuhan. Dosa dan kekotoran hidup akan dipisahkan dari hidup kita dan menghasilkan kemuliaan. Tujuan semua proses yang kita alami adalah kehidupan yang lebih murni dan mulia di hadapan Tuhan.

Daniel 12:10 (TB)  Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.

Marilah kita memahami dan taat menjalani ujian Tuhan yang memurnikan hidup kita sehingga kemuliaan akan terpancar melalui hidup kita. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages