Kemurahan Tuhan Di Tengah Penderitaan




Minggu, 13 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ezra 7-10

Ezra 9:9 (TB)  Karena sungguhpun kami menjadi budak, tetapi di dalam perbudakan itu kami tidak ditinggalkan Allah kami. Ia membuat kami disayangi oleh raja-raja negeri Persia, sehingga kami mendapat kelegaan untuk membangun rumah Allah kami dan menegakkan kembali reruntuhannya, dan diberi tembok pelindung di Yehuda dan di Yerusalem.

Bila kita membayangkan suasana perbudakan adalah penuh dengan kerja keras, penderitaan, kekurangan, dikekang dan mengalami banyak perlakuan yang menyakitkan. Tetapi kemurahan Tuhan mengatasi segala sesuatu sekalipun berada dalam masa perbudakan.

Dari ayat tersebut kita akan melihat kemurahan Allah kepada bangsa Israel ketika mereka diizinkan Tuhan mengalami masa perbudakan.

1. Tuhan menyertai umat-Nya.
Bangsa Israel tidak ditinggalkan oleh Allah sekalipun dalam masa perbudakan. Dalam kesesakan dan pergumulan yang kita alami, marilah kita percaya akan penyertaan Tuhan. Dia senantiasa melindungi, menguatkan dan memberikan jalan keluar.

2. Tuhan memberi kasih sayang melalui orang lain.
Tanpa disangka justru para raja, penasehat dan pejabat di Kerajaan Persia justru menyayangi orang Israel yang ada dalam pembuangan. Jangan putus asa dengan merasa bahwa semua orang tidak peduli dengan pergumulan Anda. Percayalah bahwa Tuhan bisa menggerakkan orang yang Dia pilih untuk menolong Anda, sekalipun mereka bukan orang percaya.

3. Tuhan memberi kelegaan untuk membangun rumah Allah.
Kelegaan yang dimaksud di sini adalah kelepasan, kebebasan dari perbudakan. Bahkan mereka dibebaskan dengan tujuan untuk membangun rumah Allah dengan seluruh biaya ditanggung oleh Kerajaan Persia. Percayalah pasti ada kelegaan dan kelepasan dari penderitaan. Badai pasti berlalu. Bahkan apa yang tidak pernah Anda pikirkan, telah Tuhan sediakan bagi orang-orang yang mengasihi-Nya.

Marilah kita renungkan firman Tuhan hari ini, kemurahan Tuhan senantiasa melimpah dalam kehidupan kita. Jangan tawar hati atau putus asa. Percayalah kepada Tuhan dan alami kemurahan-Nya melimpah atas kehidupan kita. Selamat beribadah dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages