Persembahan Khusus




Minggu, 6 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 22-24
2 Tawarikh 24:8-10 (TB)  Sesudah itu raja memerintahkan supaya dibuat sebuah peti dan ditempatkan di depan pintu gerbang rumah TUHAN,
lalu menyuruh mengumumkan di Yehuda dan di Yerusalem, bahwa orang harus membawa bagi TUHAN pajak yang dikenakan Musa, hamba Allah itu, kepada orang Israel di padang gurun. 
Maka bersukacitalah semua pemimpin dan seluruh rakyat; mereka datang membawa pajaknya dan memasukkannya ke dalam peti itu sampai penuh.
Pada awal Raja Yoas memerintah, rumah Tuhan dalam keadaan tidak terurus. Raja yang memerintah sebelumnya telah membongkar rumah Allah, bahkan memakai barang-barang kudus rumah Tuhan untuk para Baal. (2 Taw 24:7)

Raja Yoas mempelopori kembali pengenaan pajak untuk rumah Allah. Pajak dalam istilahnya adalah kewajiban pembayaran yang harus diberikan dalam hal ini adalah rumah Allah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jadi satu dengan yang lain jumlahnya berbeda.

Di dalam Keluaran 30:11-16 pajak ini disebut sebagai persembahan khusus. Manfaat persembahan khusus adalah untuk membangun, memperbaiki dan menyediakan fasilitas / perlengkapan ibadah.

Semua pemimpin dan rakyat bersukacita. Mereka dengan sukarela membawa persembahan khusus dan memasukkan ke dalam peti sampai penuh. Mereka memikul tanggung jawab bersama-sama untuk perbaikan dan pemeliharaan rumah Allah. Mereka dapat menikmati ibadah dengan nyaman karena rumah Allah bisa kembali diperbaiki.

Bila saat ini gereja kita sedang dalam proses pembangunan, persembahan yang kita berikan dapat disebut sebagai persembahan khusus. Berikanlah dengan sukacita, lakukan tanggung jawab secara bersama-sama dan dengan kerelaan hati.
2 Korintus 9:7 (TB)  Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Bila kelak pembangunan telah selesai dengan sempurna, maka kita bisa menikmati ibadah dengan sukacita. Rumah Tuhan akan menjadi tempat untuk memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi banyak orang. Selamat beribadah dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages