Minoritas Yang Berpengaruh



Minggu, 20 Mei 2018

Bacaan: Ester 7-10

Ester 10:3 (TB)  Karena Mordekhai, orang Yahudi itu, menjadi orang kedua di bawah raja Ahasyweros, dan ia dihormati oleh orang Yahudi serta disukai oleh banyak sanak saudaranya, sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya.

Keberadaan bangsa Yahudi di Kerajaan Persia adalah minoritas, namun atas campur tangan Tuhan mereka memiliki pengaruh yang sangat besar.

1. Ester
Ester membangun kecantikan manusia batiniah sehingga raja berkenan dan menjadikannya permaisuri yang sangat dikasihinya.

Ester 2:15 (TB)  Ketika Ester — anak Abihail, yakni saudara ayah Mordekhai yang mengangkat Ester sebagai anak — mendapat giliran untuk masuk menghadap raja, maka ia tidak menghendaki sesuatu apa pun selain dari pada yang dianjurkan oleh Hegai, sida-sida raja, penjaga para perempuan. Maka Ester dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia.

Ester bukanlah gadis yang silau dengan harta dan kekuasaan. Ia memiliki karakter yang mulia sehingga raja dan semua orang menyukainya. Kecantikan jasmani semakin bersinar apabila diikuti oleh kecantikan batin (karakter).
Keberadaan orang Kristen saat ini memang minoritas, tetapi bila kita mencerminkan karakter Kristus maka semua orang akan menyukainya.
Kisah Para Rasul 2:47 (TB)  sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

2. Mordekhai
Teruji dalam kesetiaan kepada raja, melakukan kebaikan dengan tulus, berjuang untu bangsanya dan mendapatkan kemuliaan pada waktunya.
Tuhan membuat raja Ahasyweros tidak dapat tidur dan menemukan nama Mordekhai dalam kitab sejarah kerajaan. Walaupun sepertinya kebaikannya dilupakan, tetapi Tuhan tidak pernah melupakan. Pada akhirnya melalui raja Ahasyweros, Tuhan memberikan kedudukan yang tinggi yaitu orang kedua di bawah raja.

Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Sekalipun semua yang terjadi atas rancangan dan kuasa Tuhan, namun Ester dan Mordekhai melakukan bagiannya masing-masing. Jadi lakukan bagian kita dengan sebaik-baiknya. Bangunlah karakter Kristus dalam diri kita dan jangan jemu-jemu terus berbuat baik. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages