Cepat Merespon




Rabu, 9 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 31-33

2 Tawarikh 31:5 (TB)  Segera setelah perintah ini tersiar, orang Israel membawa dalam jumlah yang besar hasil pertama dari pada gandum, anggur, minyak, madu dan segala macam hasil bumi. Mereka membawa juga persembahan persepuluhan dari segala sesuatu dalam jumlah yang besar.

Raja Hizkia mengatur sumbangan untuk para imam dan orang Lewi. Ia memerintahkan rakyat, yakni penduduk Yerusalem, untuk memberikan sumbangan yang menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi, supaya mereka dapat mencurahkan tenaganya untuk melaksanakan Taurat Tuhan.

Penduduk Yerusalem segera meresponi perintah Raja Hizkia tersebut, yaitu membawa dalam jumlah besar:

1. Persembahan sulung (2 Taw 31:5)
Persembahan sulung adalah persembahan hasil pertama dari segala hasil bumi. Tujuannya adalah memprioritaskan Tuhan dengan memberikan tuaian pertama yang terbaik.
Persembahan sulung digunakan untuk kebutuhan gereja dan pelayanan.

2. Persembahan persepuluhan (2 Taw 31:5)
Persembahan persepuluhan adalah sepersepuluh dari setiap penghasilan adalah milik Tuhan (Mal 3:8-10). Persepuluhan dibawa ke rumah perbendaharaan supaya tersedia makanan di rumah Tuhan. Persepuluhan digunakan untuk operasional kebutuhan gereja dan pelayanan.

3. Persembahan khusus (2 Taw 31:12)
Persembahan khusus adalah persembahan dalam jumlah tertentu sesuai kerelaan masing-masing. Persembahan khusus digunakan untuk membangun dan memperbaiki rumah Tuhan serta menyediakan peralatan dalam ibadah.

Yang menarik dari kisah tersebut adalah sikap penduduk Yerusalem yang cepat merespon atau mentaati perintah Raja Yosafat.
Ada 3 hal yang membuat mereka cepat merespon:
1. Mengasihi Tuhan dan Rumah Tuhan
2. Taat kepada Tuhan dan pemimpin
3. Hati yang diubahkan sehingga ada kepedulian dan kemurahan hati.

Alangkah indahnya bila kita memiliki sikap seperti penduduk Yerusalem tersebut dan dengan segera meresponi kebutuhan untuk Rumah Tuhan. Gereja dan pelayanan akan dipenuhi berkat, jemaat semakin diberkati dan semakin menjadi berkat. Haleluya. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages