Hidup Itu Berat



Rabu, 23 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 7-9

Ayub 7:1 (TB)  "Bukankah manusia harus bergumul di bumi, dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan?"

Beberapa bulan yang lalu Film Dilan 1990 sempat menjadi booming di kalangan remaja. Tokoh dalam film ini yaitu Dilan selalu mempunyai cara yang unik menyatakan cintanya kepada Milea, kekasihnya.

Kisah Ayub tidak hanya menceritakan tentang beratnya pergumulan seorang Ayub saja melainkan semua manusia yang hidup di dunia. Ayub tidak sedang berkata, "Hidup itu berat, kamu pasti nggak akan kuat. Biarkan aku saja yang menjalaninya."

Kisah Ayub memberi pesan:

1. Pergumulan hidup di dunia berat.
Ada air mata dan tangisan, ada keringat dan kelelahan, ada cemooh dan hinaan, ada penyakit dan penderitaan, ada kekuatiran dan ketakutan, ada cobaan dan kegagalan, ada badai dan bencana, ada dosa dan kejahatan. Jangan berpikir hidup di dunia mudah. Semua manusia berjuang untuk menang, bahkan seringkali dengan menghalalkan segala cara.

2. Semua manusia menjalani pergumulannya masing-masing.
Dari usia anak-anak, remaja, pemuda, sampai orang tua menghadapi pergumulan masing-masing. Semakin lama semakin berat. Pergumulan menjadi orang tua jauh lebih berat dibanding dengan anak-anak dan remaja. Jangan berkata bahwa pergumulan kita lebih berat dari orang lain, sebab salib atau pergumulan setiap orang berbeda-beda.

3. Kunci memikul salib (pergumulan) adalah bersama Yesus.
Kekuatan manusia terbatas, namun bila kita menghadapi pergumulan bersama Tuhan, kita akan mendapatkan kekuatan yang baru.

Berikut beberapa ayat yang akan menguatkan kita:

Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

1 Korintus 10:13 (TB)  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Filipi 4:13 (TB)  Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Hidup itu memang berat, tetapi bila kita selalu bersama dengan Tuhan, kita pasti dapat menghadapinya dan mengalami kemenangan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages