Jangan Lengah Melayani Tuhan




Selasa, 8 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 28-30

2 Tawarikh 29:11 (TB)  Anak-anakku, sekarang janganlah kamu lengah, karena kamu telah dipilih TUHAN untuk berdiri di hadapan-Nya untuk melayani Dia, untuk menyelenggarakan kebaktian dan membakar korban bagi-Nya."

Dalam masa pemerintahan Raja Hizkia, Israel mengalami kebangunan rohani. Pada masa raja sebelumnya tidak ada aktifitas ibadah di rumah Allah, bahkan banyak kecemaran di tempat kudus, menutup pintu-pintu balai rumah Tuhan dan memadamkan segala pelita. Kegelapan yang menyelimuti rumah Allah, menggambarkan kegelapan yang sedang terjadi dalam kehidupan rohani bangsa Israel. Raja Hizkia muncul sebagai terang di tengah-tengah kegelapan serta memulihkan peribadatan di rumah Allah.

Apa yang dapat kita pelajari dari firman Tuhan hari ini?

1. Dalam Perjanjian Lama, tugas kaum Lewi adalah menyelenggarakan ibadah dipimpin oleh imam yang mewakili umat Tuhan.

2. Dalam Perjanjian Baru, setiap orang percaya adalah imamat yang rajani, dipanggil untuk melayani Tuhan.
1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.

3. Penyebab lengah dalam melayani Tuhan
A. Kelelahan
Fisik yang lelah mempengaruhi jiwa dan semangat. Oleh sebab itu diperlukan kemampuan yang baik untuk mengatur aktifitas kita supaya tidak lelah dalam melayani Tuhan.
B. Kejenuhan
Pelayanan yang monoton mengakibatkan kejenuhan. Demikian juga hubungan yang hanya formalitas dalam ibadah tetapi tanpa kualitas (esensi) akan membuat para pelayan Tuhan mengalami kejenuhan. Ketika kita memiliki kualitas dan intensitas yang baik dalam hubungan dengan Tuhan maka kita akan memiliki roh yang senantiasa menyala-nyala untuk melayani Tuhan.
C. Dosa
Dosa telah menjauhkan pelayan Tuhan dari hadapan Tuhan. Karena dosa membuat seseorang merasa tidak layak dan tidak nyaman dalam hadirat-Nya. Hidup dalam dosa menyebabkan seseorang tidak menyukai kebenaran dan lebih dikendalikan oleh keinginan daging.
Kegelapan yang terjadi dalam ibadah bangsa Israel karena dosa mereka dalam menyembah berhala sehingga mata rohani mereka tertutup terhadap penyembahan di rumah Tuhan.

Kita dipanggil untuk menjadi pelayan Tuhan. Jangan lengah dalam melayani Dia! Hindari kelelahan dan kejenuhan dengan selalu memiliki hubungan pribadi yang berkualitas bersama Tuhan serta menjauhi dosa yang akan memisahkan kita dari Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages