Tidak Boleh Masa Bodoh




Selasa, 27 Pebruari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 22-24

Ulangan 22:3 (TB)  Demikianlah harus kauperbuat dengan keledainya, demikianlah kauperbuat dengan pakaiannya, demikianlah kauperbuat dengan setiap barang yang hilang dari saudaramu dan yang kautemui; tidak boleh engkau pura-pura tidak tahu.

Salah satu tujuan peraturan dalam Taurat adalah menjaga hubungan dengan sesama manusia. Dalam ayat tadi adalah hubungan dengan sesama yang kehilangan suatu milik.
Sesuai dengan perintah tersebut kita belajar:

1. Tidak boleh pura-pura tidak tahu.
Sikap pura-pura tidak tahu disebut juga masa bodoh, tidak peduli dengan orang lain, termasuk bila ada milik orang lain yang ketinggalan. Tanggung jawab kita adalah menyimpannga dan memberitahukan kepada empunya. Sikap ini membawa kita untuk tidak egois dan peduli terhadap orang lain.

2. Tidak boleh juga mengambil milik orang lain untuk diri sendiri.
Di saat sesama kita tidak tahu miliknya ketinggalan, kita tidak boleh mengambil kesempatan untuk memilikinya dan juga menggunakannya untuk diri kita sendiri tanpa seijin yang empunya. Kita bertanggung jawab menjaga milik orang lain.

Peraturan tentang tolong-menolong atau peduli terhadap milik sesama yang hilang atau tertinggal mengandung prinsip kehidupan yang tinggi. Bahkan kalau kita simpulkan ini mengarah kepada hukum kasih yang kedua yaitu kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Bila kita tidak ingin milik kita hilang tentunya kita juga tidak ingin milik orang lain hilang. Jangan lagi masa bodoh tetapi bersikaplah peduli terhadap sesama. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages