Persembahan Buah Sulung



Selasa, 6 Pebruari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 22-24

Imamat 23:10-11 (TB)  "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam,
dan imam itu haruslah mengunjukkan berkas itu di hadapan TUHAN, supaya TUHAN berkenan akan kamu. Imam harus mengunjukkannya pada hari sesudah sabat itu.

Persembahan buah sulung sesungguhnya adalah kombinasi antara perayaan dan ketaatan. Disebut perayaan karena Tuhan telah membawa mereka ke Tanah Perjanjian dan dapat menikmati hasil tanah itu. Disebut ketaatan sebab mengenai buah sulung ini telah menjadi ketetapan Tuhan untuk selama-lamanya dan turun-temurun di segala tempat kediaman umat Tuhan. (Imamat 23:14).

Beberapa kebenaran mengenai persembahan buah sulung:

1. Persembahan buah sulung adalah seberkas hasil pertama dan terbaik.

Amsal 3:9-10 (TB)  Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,
maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

2. Persembahan buah sulung diberikan setiap awal tahun.

Nehemia 10:35 (TB)  Lagipula setiap tahun kami akan membawa ke rumah TUHAN hasil yang pertama dari tanah kami dan buah sulung segala pohon. 

3. Persembahan buah sulung menguduskan seluruh tuaian.

Roma 11:16 (TB)  Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

Dalam Perjanjian Baru tidak diatur lagi tentang persembahan buah sulung, tetapi sesungguhnya Perjanjian Baru menggenapi Perjanjian Lama terutama dalam hal pengorbanan Tuhan Yesus sebagai ganti pengorbanan binatang untuk penghapus dosa.

Matius 5:17 (TB)  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Ada berkat yang luar biasa yang kita terima apabila kita dengan iman dan setia tiap awal tahun mempersembahkan buah sulung, yaitu sebagian yang terbaik dari berkat dan penghasilan yang kita terima. Tuhan akan memberkati dan menguduskan tuaian kita sepanjang tahun ini. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages