Dua Belas Pengintai




Senin, 12 Pebruari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 13-15

Bilangan 14:8-9 (TB)  Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka." 

Kisah 12 pengintai di Tanah Kanaan selalu menarik untuk diceritakan. Tuhan memerintahkan Musa menyuruh 12 orang pemimpin suku Israel mengintai negeri yang akan Tuhan berikan kepada mereka. Setelah 40 hari mereka pulang dan memberikan laporan kepada Musa dan Harun.

Berikut laporan yang mereka sampaikan:

1. Laporan 10 orang pengintai
Sepuluh orang pengintai memberi laporan bahwa negeri yang mereka intai adalah negeri yang berlimpah-limpah dengan susu dan madunya dan mereka menunjukkan hasil negeri itu.
Hanya, mereka berkata bahwa kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu karena mereka lebih kuat daripada kita. Negeri itu adalah negeri yang memakan penduduknya. Negeri itu didiami para raksasa dan kita seperti belalang di hadapan mereka.
Mendengar laporan tersebut tentulah bangsa Israel menjadi kecut dan tawar hati. Mereka bersungut-sungut dan memberontak kepada Musa.

2. Laporan Yosua dan Kaleb.
Bilangan 13:30 (TB)  Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"
Bilangan 14:6-8 (TB)  Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya,
dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.
Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Meskipun mayoritas pengintai menyerah sebelum bertanding, masih ada Yosua dan Kaleb yang percaya bahwa Tuhan akan membawa mereka masuk ke Tanah Kanaan dan mengalahkan musuh-musuh mereka. Pada akhirnya hanya Yosua dan Kaleb beserta orang-orang yang lahir di sepanjang perjalanan padang gurun yang diijinkan Tuhan menduduki Tanah Kanaan.

Apa yang bisa kita pelajari dari kisah tersebut?
1. Sepuluh orang pengintai melihat musuh (masalah) lebih besar daripada Tuhan, sedangkan Yosua dan Kaleb melihat Tuhan lebih besar dari segala musuh (masalah) mereka.
2. Percaya dan taat kepada Tuhan adalah kunci untuk mengalami janji Tuhan.

Banyak masalah dan tantangan mungkin sedang kita hadapi, jangan menyerah oleh keadaan tetapi percayalah kepada Tuhan dan teruslah berjuang untuk mengalami janji berkat Tuhan. Imanuel. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages