Perjalanan Padang Gurun




Minggu, 18 Pebruari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 31-33

Bilangan 32:13 (TB)  Sebab itu bangkitlah murka TUHAN kepada orang Israel, sehingga Ia membuat mereka mengembara di padang gurun empat puluh tahun lamanya, sampai habis mati segenap angkatan yang telah berbuat jahat di mata TUHAN.

Sesungguhnya jarak antara Mesir dan Tanah Kanaan hanya 400 km, jarak tersebut bisa ditempuh selama beberapa hari atau beberapa minggu. Tetapi Tuhan membawa mereka berjalan memutar melewati padang gurun sehingga bangsa Israel menghabiskan 40 tahun untuk memasuki Tanah Kanaan.

Mengapa bangsa Israel harus melewati padang gurun?
Hal ini terjadi karena ketidakpercayaan bangsa Israel sendiri. Mayoritas mereka tidak percaya bisa mengalahkan musuh mereka di Tanah Kanaan. Dari 12 orang pengintai, 10 orang dari mereka pesimis. Hanya Yosua dan Kaleb yang optimis dan percaya bahwa Tuhan pasti akan menolong mereka mengalahkan musuh-musuh mereka.

Hikmat yang bisa kita dapatkan dalam renungan hari ini:
1. Ketidaktaatan tidak akan membawa kita mengalami janji Tuhan.
Bilangan 32:11 (TB)  Bahwasanya orang-orang yang telah berjalan dari Mesir, yang berumur dua puluh tahun ke atas, tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub, oleh karena mereka tidak mengikut Aku dengan sepenuh hatinya,

2. Ketaatan akan membawa kita mengalami janji Tuhan.
Bilangan 32:12 (TB)  kecuali Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, dan Yosua bin Nun, sebab keduanya mengikut TUHAN dengan sepenuh hatinya.

Karena dosa, setiap orang harus melalui padang gurun mereka. Tetapi dengan ketaatan akan membawa mereka memasuki Tanah Perjanjian. Semua janji Tuhan bisa dialami apabila ada ketaatan.
Ingatlah pembentukan bejana oleh penjunan. Ketidaktaatan akan membawa hidup kita berulang kali diproses sehingga semakin lama menjadi pribadi yang dimuliakan Tuhan. Tetapi ketaatan akan mempercepat proses pemuliaan hidup kita di dalam Tuhan. Selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages