Pernikahan Monogami



Minggu, 25 Pebruari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 16-18

Ulangan 17:17 (TB)  Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perak pun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak.

Salah satu peringatan Tuhan untuk raja yang akan memimpin bangsa Israel adalah supaya jangan memiliki banyak istri. Kata banyak berarti jamak, yaitu lebih daripada satu.
Pernikahan Kristen adalah monogami yaitu satu orang pria untuk satu orang wanita. Pernikahan monogami adalah rencana dari Tuhan, sebagaimana Tuhan menciptakan Adam dan Hawa. Tetapi Iblis telah menipu manusia dan menjerumuskan manusia ke dalam pernikahan poligami yaitu pernikahan jamak dengan banyak istri maupun banyak suami.

Jauh-jauh hari sebelum Tuhan mengijinkan bangsa Israel mengangkat raja bagi mereka, Tuhan telah mengingatkan hal ini supaya para raja jangan memiliki banyak istri. Maksudnya supaya hati para raja tetap setia kepada Tuhan dan tidak menyimpang dengan mengikuti para istrinya.
Hal ini terbukti ketika Salomo menjadi raja memiliki banyak istri dan gundik.

1 Raja-raja 11:3-4 (TB)  Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.
Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.

Sebagai akibat pernikahan poligami Salomo:
1. Isteri-isterinya lebih menarik hatinya daripada TUHAN.
2. Isteri-isterinya mencondongkan hati Salomo kepada allah-allah lain.
3. Salomo tidak dengan sepenuh hati mengikut TUHAN.

Sungguh benar peringatan Tuhan adalah untuk kebaikan kita. Jadi janganlah melanggar setiap titah Tuhan, sebab tujuan Tuhan adalah untuk kebaikan kita.
Para suami dan isteri hendaklah tetap setia dengan pasangannya, dengan tetap takut akan Tuhan supaya berkat Tuhan melimpah dalam keluarga. Selamat hari Minggu dan Selamat beribadah. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages