Roh Allah Yang Memulihkan



Senin, 11 September 2017

Yehezkiel 36:27 (TB) Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Ketika Tuhan memulihkan bangsa Israel dari dosa dan kenajisan, hal pertama yang Ia lakukan adalah memberikan hati dan roh yang baru (Yeh 36:26).

1. Roh Allah yang menguduskan.
Salah satu lambang dari Roh Allah adalah air.
Yehezkiel 36:25 (TB) Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

Roh Allah akan menginsafkan akan dosa dan menyucikan hati dan tubuh dari segala kenajisan.

2. Roh Allah tinggal dalam tubuh manusia yang sudah dibaharui.
Setelah dikuduskan selanjutnya Roh Allah berdiam (tinggal) dalam tubuh manusia.

1 Korintus 6:19 (TB) Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Apa yang dikerjakan Roh Allah dalam diri manusia? (Yeh 36:27)
A. Diam dalam batin manusia
B. Membuat manusia hidup dalam ketetapan Tuhan.
C. Membuat manusia berpegang pada peraturan Tuhan.
D. Membuat manusia mampu melakukan firman Tuhan.

Kehidupan manusia dapat diumpamakan seperti mobil rusak dengan mesin yang sudah hancur dan tak dapat diperbaiki. Agama hanya bisa memperbaiki bodinya, tetapi dengan mesin yang rusak tetap tidak bisa berjalan. Satu-satunya yang dapat memulihkan adalah mengganti mesinnya. Dan Roh Allah berkarya mengganti dan memulihkan hati dan batin manusia. Roh Allah bukan saja membaharui mesin di dalam (roh dan batin) tetapi juga tampilan bodi di luar (karakter dan perbuatan). Mari kita memohon Roh Allah terus menyempurnakan kehidupan kita. Selamat beraktifitas sepanjang minggu ini. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages