Pemulihan Hati dan Roh



Senin, 4 September 2017

Yehezkiel 11:19-20 (TB) Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat, supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Ketika Tuhan berjanji untuk memulihkan Israel, hal pertama yang Dia mau lakukan adalah memulihkan hati dan roh mereka. Pemulihan secara fisik tidak berarti bila tidak dimulai dari pemulihan hati. Dan pemulihan hati dan roh akan menggerakkan pemulihan di berbagai bidang kehidupan.

1. Pemulihan hati.
Tuhan akan memberikan hati yang lain (hati yang baru), menjauhkan hati yang keras dan memberikan hati yang taat.
Hati yang lama penuh dengan luka, kekecewaan, keinginan jahat dan pemberontakan. Seumpama sebuah kertas hati yang lama sudah kotor dan penuh lubang. Sekalipun dibersihkan dan ditambal dengan kertas, tetaplah kertas yang cacat. Cara yang paling sempurna adalah menggantikan dengan kertas yang baru. Demikian pula Tuhan mengganti hati kita dengan hati yang baru yang penuh kasih, kelembutan dan ketaatan kepada Tuhan. Setelah hati kita dipulihkan tugas kita adalah senantiasa menjaganya.

Amsal 4:23 (TB) Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

2. Pemulihan roh.
Roh manusia adalah kediaman Tuhan. Tuhan tidak bisa berdiam di dalam roh manusia yang penuh dosa, kejahatan dan penyembahan berhala. Oleh sebab itu Dia berjanji untuk memberikan roh yang baru. Suatu roh yang menyembah Tuhan dan layak sebagai tempat kediaman Tuhan.

Roh yang baru akan dipakai Tuhan untuk menerangi hati manusia.
Amsal 20:27 (TB) Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Roh yang baru memungkinkan manusia untuk menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran.
Yohanes 4:24 (TB) Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Tanpa pemulihan hati dan roh, kita tidak mungkin hidup berkenan kepada Tuhan. Oleh sebab itu marilah senantiasa datang kepada Tuhan dan menantikan Tuhan berkarya memulihkan hati dan roh kita, supaya kita bisa hidup dengan setia kepada Tuhan dan melakukan segala perintah-Nya. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages