Buah Perbuatan Adalah Tanggung Jawab Pribadi



Rabu, 6 September 2017

Yehezkiel 18:20 (TB) Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya.

Kecenderungan di akhir zaman ini adalah manusia melakukan perbuatan tanpa memikirkan akibatnya. Oleh sebab itu korupsi, penyalahgunaan narkoba, pornografi, pencurian, ujaran kebencian dan berbagai kejahatan lain semakin merajalela.

Pesan firman Tuhan hari ini adalah:

1. Setiap orang bertanggung jawab atas dirinya sendiri.
Yehezkiel 18:20a (TB) Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya.
Anak yang berdosa tidak dapat melepaskan diri dari hukuman oleh karena orang tua seorang yang saleh dan takut akan Tuhan. Hofni dan Pinehas menerima hukuman Tuhan atas dosanya, sekalipun ia adalah anak imam Eli.
Setiap perbuatan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.

2. Setiap perbuatan ada akibatnya.
Yehezkiel 18:20b (TB) Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya.
Perbuatan baik maupun perbuatan jahat semua mengandung konsekuensi. Oleh sebab itu berpikirlah sebelum bertindak. Semua akibatnya akan Anda tanggung bahkan diwariskan kepada anak cucu. Semua orang pasti menginginkan berkat dan tidak mau dihukum, maka lakukanlah perbuatan yang benar agar berkat-berkat kebenaran akan Anda terima.

Milikilah takut akan Tuhan dan berpikirlah bijaksana sebelum berkata-kata maupun bertindak, maka Anda akan mendekatkan diri kepada berkat dan menjauhkan diri dari hukuman. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages