Melekat Pada Pokok Anggur



Jumat, 8 September 2017

Yohanes 15:5 (TB) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Hubungan Kristus dan jemaat salah satunya digambarkan sebagai pokok anggur dan ranting-rantingnya. Pokok anggur menyalurkan air dan unsur hara kepada ranting-rantingnya sehingga bertumbuh dan berbuah.

Bagaimana cara kita melekat kepada Yesus?

1. Dibersihkan
Yohanes 15:2 (TB) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Ranting-ranting yang layu dan mati akan dipotong. Hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan dan tidak produktif akan dibersihkan. Setiap karakter buruk akan dibersihkan sehingga tumbuh karakter baru seperti karakter Kristus. Segala kepahitan dan kekecewaan akan dipulihkan sehingga mengalami kehidupan yang baru. Firman Tuhan akan menegur dan memurnikan kehidupan kita.

2. Bersekutu dengan Tuhan.
Yohanes 15:4 (TB) Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Melekat kepada Tuhan artinya memiliki persekutuan dengan Tuhan. Membangun disiplin dalam doa, merenungkan firman Tuhan dan beribadah akan menjaga dan meningkatkan kualitas persekutuan dengan Tuhan.

3. Mengandalkan Tuhan
Yohanes 15:5 (TB) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Melekat kepada Tuhan artinya mengandalkan Tuhan. Di luar Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kita bisa berbuah banyak dan melakukan perkara-perkara besar bila kita mengandalkan Tuhan, sebab daripada-Nyalah segala kuasa dan mujizat.

4. Melakukan firman Tuhan.
Yohanes 15:7 (TB) Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Melekat kepada Tuhan artinya mengijinkan firman Tuhan tinggal dalam hidup kita. Firman Tuhan menjadi daging yaitu memimpin setiap pemikiran, perkataan dan perbuatan. Dengan kata lain hidup kita menjadi pelaku Firman.

Banyak orang ingin berbuah banyak tetapi tidak menerima makanan rohani dari sumber kehidupan. Bila Anda ingin berbuah lebih banyak dan menjadi berkat melekatlah kepada Yesus, pokok anggur yang benar. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages