Yang Muda Yang Berkarya



Sabtu, 12 Agustus 2017

Yeremia 1:6-7 (TB) Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda."
Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.

Usia yang masih muda seringkali menjadi alasan untuk menolak tanggung jawab baik dalam pekerjaan maupun pelayanan. Hal ini mengakibatkan jiwa kepemimpinan dan pelayanan tidak berkembang dalam kehidupan orang muda.

Yeremia dalam usia yang masih muda dipanggil Tuhan. Pada pada awalnya dia menolak dengan alasan tidak pandai bicara dan masih muda. Nasehat yang bisa kita petik hari ini adalah:

1. Jangan katakan aku ini masih muda.
Tuhan memilih orang muda karena ada banyak kelebihan yang dimilikinya. Kekuatan yang prima, idealisme, cita-cita dan semangat melekat dalam diri orang muda.

1 Yohanes 2:14 (TB) Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.

2. Usia muda adalah usia produktif
Firman Tuhan berkata, siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.

Orang muda dipanggil untuk taat dan berkarya bagi Tuhan. Tuhan akan memperlengkapi dan menolong segala kekurangannya sehingga memiliki hikmat dalam menjalankan mandat dari Tuhan.

1 Timotius 4:12 (TB) Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Hai orang muda, sudahkah engkau berkarya bagi Tuhan? Jangan sia-siakan masa mudamu. Isilah hari-harimu dengan karya dan pelayanan untuk kemuliaan Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages