Sportif



Sabtu, 26 Agustus 2017

1 Timotius 6:12 (TB) Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Hari-hari ini kita sering menyaksikan berita hasil pertandingan di Sea Games 2017. Banyak peserta merasa dicurangi oleh panitia, wasit atau peserta yang lain. Seringkali tuan rumah selaku panitia secara sistematis melakukan upaya kecurangan supaya tuan rumah memperoleh medali sebanyak-banyaknya. Sehingga tidak mengherankan jika tuan rumah seringkali yang tampil sebagai juara umum.

Kita dipanggil bukan hanya mengikuti pertandingan saja, tetapi bertanding dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Kita harus sportif. Ada dua hal yang kita bisa pelajari dari firman Tuhan hari ini, yaitu:

1. Mentaati aturan
Seorang pelari harus mengikuti setiap peraturan yang telah ditetapkan. Tidak mencuri start, tidak keluar lintasan, tidak mencelakai peserta lainnya, tidak menggunakan doping dan sebagainya. Sebagai olahragawan rohani diperlukan kejujuran, ketaatan, kerendahan hati dan berserah kepada Tuhan serta mentaati firman Tuhan sehingga kita dilihat Tuhan bertanding dengan benar.

2. Sampai ke garis akhir
Kata rebutlah hidup yang kekal artinya kita harus sampai akhir atau tujuan akhir hidup kita yaitu hidup yang kekal. Betapapun cepatnya berlari tetapi akan sia-sia jika tidak sampai garis akhir. Kata rebutlah juga berarti perjuangan, yaitu berjuang mengalahkan segala hawa nafsu dan pencobaan yang bisa menghalangi pencapaian sampai ke garis akhir. Sekalipun saat ini pelayanan kita luar biasa tapi kalau tidak bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik, maka semuanya menjadi sia-sia.

2 Timotius 4:7 (TB) Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Teruslah bertanding dengan benar dan capailah garis akhir pertandinganmu. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages