Menjadi Berkat Bagi Kota Kita



Minggu, 20 Agustus 2017

Yeremia 29:7 (TB) Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Bangsa Yehuda sedang ditawan dan dibawa ke Babilonia. Secara logika seharusnya mereka kecewa, marah bahkan memberontak melawan pemerintahan di Babel. Akan tetapi Tuhan justru menyuruh mereka mengusahakan dan berdoa bagi kotanya. Mengapa demikian?

1. Tuhan ingin kita mengasihi musuh kita.
Sekalipun orang-orang Babilonia memusuhi mereka, merendahkan dan memeras mereka, tetapi Tuhan minta bangsa Yahudi bisa mengampuni dan memberkati mereka.

Matius 5:44 (TB) Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

2. Tuhan ingin kita menjadi berkat di mana saja.
Di manapun Tuhan menempatkan kita, baik di keluarga, lingkungan pekerjaan, lingkungan tempat tinggal, di kota dan bangsa, kita harus bisa menjadi berkat.

Matius 5:16 (TB) Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

3. Manusia adalah makhluk sosial.
Manusia tidak bisa hidup seorang diri, ia harus berinteraksi dengan yang lain. Lingkungan yang baik menghasilkan peradaban yang baik. Sebaliknya lingkungan yang buruk menghasilkan peradaban dan kualitas hidup yang buruk. Itulah sebabnya Tuhan memanggil kita mengusahakan dan berdoa bagi kesejahteraan kota kita, karena kesejahteraannya mempengaruhi kesejahteraan kita.

1 Korintus 15:33 (TB) Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Di mana pun kita berada, tidak perlu mengeluh. Sebaliknya usahakanlah dan berdoalah untuk lingkungan kita, kasihilah dan jadilah berkat di manapun kita berada. Selamat Beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages