Sekali Merdeka Tetap Merdeka



Kamis, 17 Agustus 2017

Galatia 5:13 (TB) Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Pada hari ini, kita bangsa Indonesia memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Sebagai bangsa yang telah merdeka, tak satu pun yang ingin dijajah kembali. Namun bisa saja secara fisik merdeka, tetapi secara psikis dan rohani masih terjajah. Penjajahan yang paling mengerikan adalah penjajahan oleh dosa. Karena dosa kehilangan persekutuan dengan Tuhan, kehilangan damai sejahtera dan kehilangan hidup yang kekal.

Bagaimana cara mempertahankan kemerdekaan?

1. Harus Mengisi Kemerdekaan

Supaya tidak kembali dijajah maka bangsa kita harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan baik pembangunan fisik, mental maupun spiritual. Demikian pula seorang yang sudah dimerdekakan oleh Kristus harus mengisi kehidupan rohaninya dengan Firman dan persekutuan dengan Tuhan.

Matius 12:44-45 (TB) Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur.
Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."

Seperti itulah jadinya apabila tidak mengisi kemerdekaan rohani dengan Firman dan persekutuan dengan Tuhan, maka keadaannya akan semakin buruk.

2. Jangan Lengah

Salah satu penyebab kejatuhan atau kecelakaan adalah lengah atau lalai. Daud jatuh dalam dosa pada saat santai-santai di istana. Salomo jatuh karena beristri sangat banyak sehingga di masa tuanya mengikuti para illah yang disembah istri-istri dan gundiknya. Seseorang bisa jatuh tersandung bila jalannya lengah. Demikian pula bila kita lengah memelihara kehidupan rohani kita maka ada potensi atau kesempatan untuk jatuh dalam dosa yang semakin dalam.

Kita sudah merdeka, tetapi janganlah mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kembali berbuat dosa. Pada hari ini ada 3 orang yang mengalami baptisan air. Doa kita agar saudara-saudara kita yang dibaptis air akan tetap setia kepada Tuhan seumur hidupnya dan selalu mengisi hidupnya dengan Firman, persekutuan dan giat melayani Tuhan. Sekali lagi merdeka pantang kembali dijajah. Sekali merdeka tetap merdeka.
Merdeka !!! (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages