Keselamatan Bagi Pulau-pulau Yang Jauh



Minggu, 9 Agustus 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 64-66

Yesaya 66:19 (TB)  Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud, ke Mesekh dan Rosh, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh yang belum pernah mendengar kabar tentang Aku dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa.

Dalam konteks Perjanjian Lama, Yerusalem adalah pusat penyembahan bagi bangsa Israel. Tetapi nabi Yesaya telah menubuatkan jauh sebelum kelahiran Kristus bahwa keselamatan akan sampai kepada bangsa-bangsa lain. Di antara bangsa-bangsa tersebut disebutkan bahwa keselamatan akan diberikan kepada pulau-pulau yang jauh.

Mazmur 65:6 (TB)  Dengan perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau, yang menjadi kepercayaan segala ujung bumi dan pulau-pulau yang jauh-jauh;

Ada pula yang meyakini bahwa ujung bumi adalah Papua, pulau dengan cadangan emas terbesar di dunia!
Yesaya 45:22 (TB)  Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.
Yesaya 60:9 (TB)  Sungguh, Akulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau yang jauh; kapal-kapal Tarsis berlayar di depan untuk membawa anak-anakmu laki-laki dari jauh, perak dan emasnya dibawa serta, untuk nama TUHAN, Allahmu, dan oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, sebab Ia mengagungkan engkau.

Indonesia memang bukan negara yang pulau terbanyak di dunia tetapi nomor tiga di dunia. Finlandia (187.000 pulau), Kanada (30.000 pulau) dan Indonesia (17.500 pulau). Tetapi pulau-pulau di Finlandia dan Kanada sebagian besar tidak bisa didiami karena berupa gugusan es. Sedangkan sebagian besar pulau di Indonesia bisa didiami karena berada di daerah tropis. Di samping itu Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk ke-4 di dunia dengan 268 juta (sumber Wikipedia).


Dengan demikian kita bisa menyakini bahwa nubuatan keselamatan bagi pulau-pulau yang jauh ditujukan juga kepada Indonesia. Sebentar lagi kita memperingati kemerdekaan RI ke-75, marilah kita berdoa dan memohon kasih karunia Tuhan agar Indonesia juga mengalami kemerdekaan rohani yaitu keselamatan di dalam Tuhan Yesus. Gereja Tuhan, bangkitlah, jadilah terang untuk membawa keselamatan bagi Indonesia. Selamat hari Minggu, greater blessing. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages