Jangan Pergi ke Mesir!



Minggu, 23 Agustus 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 40-42

Yeremia 42:21 (TB)  Tetapi, sekalipun aku memberitahukannya kepadamu pada hari ini, kamu tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, yaitu tidak menuruti segala sesuatu yang disuruh-Nya kusampaikan kepadamu.

Dalam Yeremia 42, nabi Yeremia telah memperingatkan sisa bangsa Israel yang tidak tertawan oleh bangsa Babel supaya jangan pergi ke Mesir. Tetapi mereka menolak dan melawan perintah Tuhan.

1. Mesir melambangkan duniawi.
Bangsa Israel telah dibawa Tuhan keluar dari Mesir, tempat perbudakan. Selain perbudakan secara fisik, di Mesir juga terjadi perbudakan rohani di mana setiap orang diperbudak oleh dosa. Mesir melambangkan mengandalkan kekuatan manusia dan penyembahan berhala.

2. Takut kepada bangsa Babel tetapi tidak percaya kepada Allah.
Salah satu penyebab bangsa Israel ngotot pergi ke Mesir karena mereka takut kepada bangsa Babel. Ketakutan kepada tantangan dan masalah yang sedang dihadapi seringkali membuat salah jalan bahkan tidak percaya lagi kepada Allah. Mereka telah melupakan kuasa dan pertolongan Allah bagi nenek moyang mereka.


Allah merindukan semua umat-Nya percaya dan mengandalkan-Nya. Oleh sebab itu jangan hidup dalam kehidupan duniawi, jangan takut kepada tantangan/masalah tetapi takutlah akan Allah dan mengandalkan-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages