Allah Yang Sejati




Kamis, 13 Agustus 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 10-12

Yeremia 10:10 (TB)  Tetapi TUHAN adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Bumi goncang karena murka-Nya, dan bangsa-bangsa tidak tahan akan geram-Nya.

Masalah klasik dalam sejarah bangsa Israel di Alkitab adalah penyembahan berhala. Dengan mudah mereka berpaling dari Allah dan menyembah kepada berhala buatan manusia.

Dalam ayat tersebut kembali firman TUHAN mengingatkan bahwa TUHAN adalah Allah yang sejati, yaitu Allah yang benar, Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Sampai saat ini, masih banyak orang berpaling dari Allah dan menyembah kepada berhala dan kuasa kegelapan. Ada yang mencari pesugihan (kekayaan dari kuasa kegelapan), ada yang menggunakan susuk (pemikat), mengucapkan mantera-mantera, melakukan ritual di tempat-tempat keramat, percaya kepada hal-hal yang magic, demikian juga percaya hari-hati baik dan ramalan-ramalan.

Mengapa banyak orang saat ini masih percaya kepada berhala dan kuasa kegelapan?

1. Lemah iman dan terdorong kebutuhan yang mendesak.
Ini mengakibatkan banyak orang mencari jalan pintas dengan meminta pertolongan kepada kuasa gelap. Padahal tidak ada pertolongan dari kuasa gelap yang gratis. Selalu ada tumbal (yang dikorbankan), bahkan nyawa baik diri sendiri maupun orang lain.

2. Mencari dan kagum pada tanda ajaib.
Tuhan Yesus sudah mengingatkan bahwa di akhir zaman akan muncul nabi-nabi palsu yang akan menyesatkan manusia dengan tanda-tanda ajaib.
Markus 13:21-22 (TB)  Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau: Lihat, Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.

Banyak orang ingin cepat mendapatkan pertolongan dan tidak sabar menantikan pertolongan Tuhan, sehingga mereka mencari alternatif yang lain. Tetapi sesungguhnya semua alternatif selain dari TUHAN adalah berasal dari berhala, kuasa kegelapan dan nabi-nabi palsu. Iblis adalah penipu yang menyesatkan manusia dengan tanda-tanda ajaib.
Kuatkan iman dan jangan menyimpang dari jalan TUHAN, Allah yang sejati. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages