Bila Tuhan Belum Segera Menolong



Jumat, 7 Agustus 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 58-60

Yesaya 59:1 (TB)  Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;

Yesaya memberikan personifikasi tentang Tuhan. Tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan. Telinga Tuhan (pendengaran-Nya) tidak kurang tajam untuk mendengar.

Mungkin di antara kita ada yang sedang membutuhkan pertolongan Tuhan, kita sudah berdoa dan berusaha. Tetapi seakan-akan Tuhan itu jauh dan tidak mendengar doa-doa kita.

Bila pertolongan Tuhan belum datang saat ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

1. Adakah dosa yang menghalangi jawaban Tuhan atas doa-doa kita?
Yesaya 59:2 (TB)  tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

2. Waktu Tuhan bukan waktu kita.
Tuhan akan menolong kita dalam waktu-Nya bukan waktu kita. Seringkali kita mendesak-desak Tuhan untuk segera menolong dan menjawab doa-doa kita, tetapi Tuhan yang mengetahui waktu yang tepat dan terbaik bagi kita. Bisa juga Tuhan sedang melatih kesabaran dan ketekunan kita untuk menantikan pertolongan-Nya.
Pengkhotbah 3:11 (TB)  Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

3. Rencana Tuhan melebihi rencana kita.
Bisa jadi doa-doa kita belum dijawab sebab jauh dari rencana Tuhan. Ia akan menolong kita sesuai dengan rencana-Nya. Yang pasti rencana Tuhan jauh lebih baik daripada rencana kita.
Yesaya 55:8-9 (TB)  Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Tetaplah setia dan percaya pada pertolongan Tuhan. Ia selalu siap sedia menolong kita. Marilah kita instropeksi, adakah dosa yang menghalangi datangnya pertolongan Tuhan? Percayalah Tuhan akan menolong kita tepat pada waktu-Nya dan serahkanlah segala rencana kita dalam kebesaran rencana-Nya yang sempurna. Haleluya, Greater Blessing. (Ps.BW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages