Berkat Memperhatikan Firman Tuhan




Senin, 3 Agustus 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 46-48

Yesaya 48:18-19 (TB)  Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,
maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku."

Firman Tuhan kembali mengingatkan kita hari ini betapa pentingnya memperhatikan perintah Tuhan. Mengapa digunakan kata memperhatikan? Sebab tercakup dua aspek yaitu melakukan apa yang Tuhan perintahkan dan menghindari (tidak melakukan) apa yang Tuhan larang. Kata memperhatikan berarti fokus atau menjadikan firman Tuhan sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak orang bekerja keras dan berusaha mencapai kebahagiaan dengan kekuatannya sendiri, tetapi mereka lupa atau tidak memperhatikan firman Tuhan. Akibatnya harta kekayaan mungkin berlimpah tetapi miskin damai sejahtera dan kebahagiaan.

Ada tiga berkat apabila kita memperhatikan firman Tuhan:

1. Mengalami damai sejahtera.

"Damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering." Ini artinya kehidupan kita akan dipenuhi damai sejahtera dalam segala keadaan, termasuk melewati masa-masa yang sulit dengan penuh masalah.
Tuhan Yesus adalah Firman yang hidup. Jika kita memperhatikan Dia, maka kita akan menerima damai sejahtera yang sejati.

Yohanes 14:27 (TB)  Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

2. Mengalami kebahagiaan yang berlimpah.

"Kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti." Kebahagiaan yang melimpah adalah dambaan setiap orang. Kebahagiaan melimpah meliputi aspek rohani, jiwani dan badani. Ketiganya akan menjadi penuh apabila kita taat dan memperhatikan firman Tuhan.
Kita akan mengalami keberhasilan dalam segala aspek kehidupan kita.

Yosua 1:7-8 (TB)  Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

3. Keturunan diberkati.

Orang dunia menyiapkan jalan atau kekayaan bagi keberhasilan anak cucunya, itu adalah baik. Tetapi ada yang lebih baik lagi yaitu ketika orang tua melakukan firman Tuhan akan meninggalkan warisan yang abadi bagi anak cucunya. Harta rohani akan menyempurnakan semua yang sudah disiapkan bagi anak cucunya.

Mazmur 112:1-3 (TB)  Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.
Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.
Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.


Jangan menganggap sepele sikap hidup yang memperhatikan firman Tuhan. Sikap hidup ini akan berdampak sangat besar bagi hidup kita, yaitu mengalami damai sejahtera dan kebahagiaan yang berlimpah serta memberikan jaminan bahwa keturunan kita diberkati oleh Tuhan. Haleluya, Greater Blessing. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages