Taat Membayar Pajak



Minggu, 29 Oktober 2017

Lukas 20:25 (TB) Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!"

Pada awal tahun 2017 Ditjen Pajak mengeluarkan brosur himbauan pajak yang ditujukan kepada orang-orang Kristen dengan judul "Yesus Juga Membayar Pajak". Demikian juga brosur kepada umat beragama lain sesuai ajaran masing-masing. Walaupun brosur tersebut sempat menjadi kontroversi tetapi ada nilai positif yang bisa dipetik yaitu bahwa jika Yesus saja taat membayar pajak berarti setiap murid-murid-Nya juga harus taat membayar pajak.

Intisari dari pengajaran Yesus adalah

1. Tunduk kepada pemerintah
Kita harus mentaati semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, sebab pemerintah adalah wakil Allah untuk kesejahteraan manusia. Dalam hal ini kita harus taat membayar pajak. Sudahkah Anda memiliki NPWP dan secara rutin memberikan laporan pajak Anda?

1 Petrus 2:13-14 (TB) Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi,
maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.

Roma 13:1 (TB) Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

2. Tunduk kepada Allah
Kita harus mentaati setiap perintah Tuhan dalam Alkitab. Bila salah satunya tentang persembahan dan persepuluhan, apakah kita sudah melakukannya? Persembahan diberikan secara sukarela dari pendapatan kita untuk Tuhan. Sedangkan persepuluhan adalah 10% dari pendapatan yang dikembalikan kepada Tuhan sebab itu adalah milik-Nya. Allah menguji ketaatan kita.

Maleakhi 3:10 (TB) Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Bila kita tidak membayar pajak suatu saat petugas pajak akan datang ke rumah kita. Tetapi jika kita tidak membayar persepuluhan tidak elok bila pelayan Tuhan datang ke rumah kita dan menagih persepuluhan yang harus kita bayar. Tetapi sesungguhnya Roh Kudus akan mengingatkan kita melalui hati nurani yang lembut. Ya, berikanlah kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah. Selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages