Mengalahkan Pencobaan



Senin, 9 Oktober 2017

Efesus 6:17 (TB) dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, ...

Sebagian besar perlengkapan senjata rohani berguna untuk pertahanan tetapi hanya satu senjata untuk melawan dan mematahkan pencobaan yaitu firman Allah.

Ketika Yesus dicobai di padang gurun setelah selesai berpuasa 40 hari, Ia memberi contoh bagaimana melawan pencobaan dengan firman Allah.

1 Yohanes 2:16 (TB) Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Yesus dicobai dalam tiga hal yaitu keinginan daging, keangkuhan hidup dan keinginan mata.

1. Keinginan daging
Matius 4:3-4 (TB) Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."
Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Yesus dicobai keinginan dagingnya pada saat Dia lapar, tetapi Ia mematahkan pencobaan itu dengan firman Allah (Mat 4:4)

2. Keangkuhan hidup
Matius 4:5-7 (TB) Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."
Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"

Yesus dicobai dengan keangkuhan hidup, yaitu keinginan untuk menyamai Allah dan mengunakan posisinya sebagai Allah. Sebab Iblis tahu bahwa Yesus sebenarnya adalah Allah yang mengosongkan dirinya dalam karya menyelamatkan manusia sehingga dengan pencobaan ini berharap Yesus akan gagal. Tetapi Yesus kembali mematahkan pencobaan ini dengan firman Allah.

3. Keinginan mata
Matius 4:8-10 (TB) Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Iblis kembali mencobai Yesus dengan memperlihatkan kepada-Nya semua kemegahan kerajaan dunia. Semua itu akan diberikan kepada Yesus bila Ia mau menyembah Iblis. Tetapi sekali lagi Yesus menggunakan firman Allah untuk mematahkan pencobaan dari sehingga Iblis pergi meninggalkan Dia.

Saudara, kita telah belajar bagaimana firman Allah berkuasa untuk mematahkan setiap pencobaan dari Iblis. Setiap hari hidup kita juga diperhadapkan dengan pencobaan. Untuk menang atas pencobaan kita membutuhkan firman Allah sebagai senjata bukan saja untuk bertahan tetapi mengalahkan serangan pencobaan dari Iblis. Sudahkah Anda mengisi hidup Anda dengan firman Allah setiap hari? Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages