Selalu Dituntut Lebih



Sabtu, 14 Oktober 2017

Matius 17:27 (TB) Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

Yesus telah menetapkan standar nilai hidup yang tinggi bagi murid-murid-Nya. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya masuk Bait Allah mereka dipungut biaya (retribusi). Sebenarnya Yesus dan murid-murid bisa menolak memberikan bea masuk, sebab mereka bukan orang asing. Pada waktu itu bea dan pajak hanya diberlakukan kepada orang asing. Atau petugas Bait Allah menilai Yesus dan murid-murid-Nya adalah orang asing karena tidak mengenal mereka, hal ini juga tidak dijelaskan dalam perikop ini.
Namun yang menjadi keputusan Yesus, ia dan murid-murid-Nya mau membayar bea masuk supaya tidak menjadi batu sandungan bagi mereka.

Dunia ini selalu memandang orang Kristen dan mencari kelemahannya. Oleh sebab itu milikilah standar nilai hidup yang tinggi supaya menjadi terang dan tidak menjadi batu sandungan bagi orang yang belum percaya.
Berikut beberapa ayat yang menuntut kita memiliki standar yang tinggi.

1. Kemurahan
Lukas 6:30 (TB) Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

2. Kekudusan
Matius 5:28 (TB) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

3. Pengampunan
Matius 18:21-22 (TB) Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?"
Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

4. Mengasihi musuh
Matius 5:43-44 (TB) Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

5. Ibadah dan persembahan
Matius 5:23-24 (TB) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,
tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

6. Ekstra mil
Matius 5:41-42 (TB) Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Dan masih banyak lagi yang menyatakan bahwa standar nilai hidup orang percaya harus di atas orang dunia.

Roma 12:2 (TB) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Semua itu dimaksudkan agar kehidupan kita bisa menjadi garam dan terang bagi dunia yang semakin gelap. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages